Simak Cara Menggunakan Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen dengan Tepat

Semua orang bilang, menggunakan sunscreen itu wajib dan harus, agar kulit kita terlindungi dari sinar matahari yang dapat merusak kulit. Tapi, sudahkah kamu menggunakan sunscreen dengan cara yang tepat?

Saat ini, ada sangat banyak bentuk sunscreen yang ditawarkan pasar, dengan klaim melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya untuk kulit, misalnya berbentuk lotion, krim, powder, dan bahkan spray. Untuk tingkat efektivitasnya pun bisa jadi berbeda-beda pada masing-masing kulit. Tapi, satu yang harus diperhatikan adalah angka SPF yang terkandung dalam sunscreen tersebut dan juga formulanya yang disesuaikan dengan jenis kulit, karena ternyata ada loh produk sunscreen yang gak sesuai dan malah membuat wajah jadi berjerawat karena gak cocok sama produknya. Naah, makanya kita harus sangat cermat dalam memilih produk sunscreen.

Sinar UVA dan UVB dari matahari dianggap merupakan paparan gelombang panas yang tidak terlihat namun tetap dapat berbahaya bagi kulit, karena dapat menembus awan, kaca, baju, bahkan epidermis. Melakukan kegiatan di bawah matahari dalam waktu yang panjang tanpa proteksi sunscreen dapat menyebabkan kulit memerah seperti terbakar, panas, perih, bahkan alergi. Efek jangka panjang yang ditimbulkan adalah bercak hitam dan gangguan pigmentasi, penuaan dini dan kerutan di kulit, bahkan kanker kulit. Makanya banyak sekali kampanye yang menganjurkan kita untuk menggunakan sunscreen setiap hari, meskipun sedang hujan atau berkegiatan di dalam rumah. Hayoo, siapa yang masih skip sunscreen, angkat tangaaan?!
https://widyasty.com
Wajib bawa sunscreen saat berkegiatan di luar rumah

MITOS DAN FAKTA TENTANG SUNSCREEN

Meskipun sudah banyak anjuran tentang penggunaan sunscreen setiap hari, tapi masih banyak juga nih informasi yang missleading dan mitos yang masih dipercaya oleh banyak orang tentang sunscreen, sehingga penggunaannya gak efektif dan malah jadi percuma. Di antara mitos dan fakta di bawah ini, mana yang paling sering kamu dengar atau bahkan baru tahu? Simak sampai selesai yaa.

✘  Tidak perlu re-apply bila angka SPF sunscreen sudah tinggi
Angka SPF (sun protector factor) yang tertulis pada setiap produk sunscreen menunjukkan tingkat proteksi, namun tetap harus digunakan ulang agar proteksinya dapat maksimal sepanjang hari. Terdapat empat tingkat perlindungan pada sunscreen:

☀︎  rendah (SPF 6-10),
☀︎  sedang (SPF 15-25),
☀︎  tinggi (SPF 30-50), dan
☀︎  sangat tinggi (SPF 50+).

Nah, sangat dianjurkan untuk kita menggunakan SPF 30 ke atas agar perlindungannya efektif. Cara menghitung perlindungan SPF pada sunscreen adalah: saat kita berkegiatan di luar ruangan dan butuh waktu 10 menit sebelum kulit merasa terbakar, artinya jika kita menggunakan sunscreen dengan SPF 30, maka perlindungan terhadap matahari adalah 30x10menit= 300 menit atau 5 jam. Maka, dianjurkan untuk tetap re-apply sunscreen 2-3 jam sekali jika kita berada di luar ruangan selama lebih dari 5 jam.

Selain itu, ada juga skor PA (protection grade of UVA) yang biasanya ditulis dalam simbol +. PA adalah metode pengukuran dalam perlindungan terhadap sinar UVA. Tingkat perlindungan PA dibagi menjadi tiga:

☀︎  general protection (PA+),
☀︎  strong protection (PA++), dan
☀︎  super protection (PA+++).

Salah satu merek sunscreen yang mengandung perlindungan SPF 50 dan PA+++ adalah Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen.

  Tidak perlu pakai sunscreen jika menggunakan makeup yang mengandung SPF
Beberapa produk makeup yang mengandung SPF di dalamnya belum tentu efektif untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Kita tetap perlu menggunakan sunscreen di tahap akhir skincare sebelum mengaplikasikan makeup. Bahkan, kita direkomendasikan untuk memberi jeda sekitar 10-15 menit setelah menggunakan sunscreen sebelum lanjut menggunakan makeup, agar sunscreen dapat menyerap dan membentuk perlindungan dulu di kulit wajah kita.

 Tidak perlu pakai sunscreen di dalam rumah atau saat sedang hujan
Hmm, meskipun masih sering malas aplikasi sunscreen karena merasa cuma di rumah aja, tapi ternyata kulit kita tetap butuh perlindungan lho, karena sinar UVA masih tetap dapat menembus kaca. Jadi, jangan sampai terlewat yah, selalu gunakan sunscreen di akhir tahap skincare.

 Boleh mencampur sunscreen dengan pelembap atau makeup
Noooo, jangan lakukan ini ya huhu. Produk sunscreen gak boleh dicampur oleh apapun, karena jika sunscreen dicampur oleh pelembap, lotion, atau yang lainnya, artinya kamu mengencerkan (diluting) produk sunscreen yang kamu gunakan, dan angka SPF-nya pun akan berkurang, sehingga efektivitasnya gak akan maksimal lagi saat digunakan. Mencampur sunscreen dengan produk lain juga dapat merusak formula yang telah dirancang sejak awal.

Sebenarnya masih ada banyak lagi, tapi kayaknya akan kita bahas di lain waktu aja ya, supaya gak kepanjangan hehehe.

CARA PENGGUNAAN SUNSCREEN YANG TEPAT

Nah, kalau kamu sudah tahu tentang mitos yang perlu dihindari saat menggunakan sunscreen, sudah paham juga tentang proteksi SPF dan PA+++, sekarang balik lagi nih ke pertanyaan awal: sudahkah kamu menggunakan sunscreen dengan cara yang tepat?

✓  Gunakan produk sunscreen dengan SPF 30 ke atas
Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen mengandung SPF 50 dan PA+++ yang perlindungannya gak perlu diragukan lagi. Saya udah cobain selama dua minggu, dan seminggu terakhir kemarin sebelum puasa kebetulan kegiatan saya banyak di luar ruangan. Jangan lupa re-apply 3 jam sekali yaa.

✓  Gunakan sunscreen sebanyak DUA JARI
Kebanyakan orang bingung karena banyak yang menyebutkan dua ruas jari, padahal satu jari punya tiga ruas. Sedangkan rekomendasi takaran penggunaan sunscreen yang tepat adala¼ sendok teh atau setara dengan 2 jari (jari telunjuk dan jari tengah) untuk wajah dan leher. Jadi, bukan dua ruas jari ya tapi dua jari. Pakai sunscreen dengan takaran yang terlalu sedikit juga dianggap gak efektif.

https://widyasty.com

✓  Sunscreen butuh waktu untuk menyerap sebelum menggunakan makeup
Seperti yang udah saya bilang sebelumnya, kalau bisa kasih jeda selama 10-15 menit setelah menggunakan sunscreen, baru lanjut penggunaan makeup. Pasalnya, sunscreen ini kan mudah banget luntur yah, bahkan kalau kita sentuh wajah yang baru banget pakai sunscreen, maka lapisan pelindungnya tuh bisa luntur karena belum sempat membentuk perlindungan di area wajah. Kalau langsung kena produk makeup dan alat-alatnya, dikhawatirkan merusak lapisan sunscreen yang baru aja digunakan.

SCARLETT SUN BRIGHT DAILY SUNSCREEN DENGAN SPF 50 PA +++

Pertama kali tahu bahwa Scarlett akhirnya keluarin produk sunscreen, saya langsung penasaran pengin banget cobain. Soalnya saya udah pernah pakai rangkaian skincare dan bodycare Scarlett, dan semuanya cocok banget tanpa ada efek buruk apapun, jadi saya pikir gak ada salahnya untuk cobain Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen. Apalagi dia punya SPF 50 PA +++ yang perlindungannya pasti udah mantap betul.

Baca juga:
Review Scarlett Acne Care
5 Langkah Bikin Kulit Kamu Jadi Happy

Nah, salah satu concern saya sebenarnya adalah sunscreen ini ditujukan untuk tipe kulit normal to dry skin, sedangkan kulit saya oily dan acne prone. Awalnya saya sempat takut kulitnya jadi becek gitu karena kelihatan basah atau makin berminyak, terus takut makin banyak komedo atau jerawatan kalau gak cocok. Tapi, saya tergiur bangetttt sama ingredients dan klaimnyaaa, jadi bismillah tetep cobain hihi.

Setelah dua minggu terakhir pakai Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen ini, saya bisa bilang kalau sunscreen ini enak banget dipakai buat berkegiatan di luar ruangan seharian. Finish look-nya memang agak basah ya dan perlu waktu agak lama untuk blending, tapi wajah langsung otw glowing rasanyaaa. Berkegiatan di luar rumah seharian pun gak bikin wajah jadi memerah dan kusam, gak peeling juga ketika ditimpa makeup.

https://widyasty.com
Teksturnya seperti lotion tapi agak encer, warnanya putih dan wanginya gak terlalu nyengat. Masih cukup ringan untuk dipakai daily. Yang paling penting, gak ada whitecast. Selama dua minggu pemakaian kemarin juga gak menimbulkan breakout di wajah saya. Tapi, perlu dicatat ya poin penting ini: harus rajin double cleansing! Apalagi kalau abis keluar rumah seharian dan pakai makeup tebal. Oiya, ada tips biar gak terlalu bikin wajah jadi basah banget buat oily skin kayak saya: kasih jeda dulu sehabis pakai pelembap, biar menyerap dulu, dan blend sampai benar-benar rata, baru apply sunscreen. Kasih jeda lagi juga kalau mau ditimpa makeup. Buat yang kulitnya kering mungkin lebih aman-aman aja ya.

Selama saya pakai sunscreen ini, saya gak ngerasa kulit wajah jadi lebih cerah, tapi glowing-nya keliatan banget loh. Makeup juga lebih nyatu dan hasilnya oke punya. Kalau untuk klaim melembapkan, gak usah ditanya lagi deh. Hampir semua produk Scarlett tuh pasti efeknya bisa melembapkan kulit, jadi bisa tetap terhidrasi dengan baik.

Produk Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen ini bisa saya kasih rate 4/5 ★ dehhh karena beberapa klaimnya bisa saya rasakan meskipun ya gak semuanya, yang penting gak tipu-tipu hahaha. Ingredients-nya juga jagoan semua, kayak lagi kasih makanan bergizi gitu ke kulit. Gak cuma buat melindungi kulit dari UVA, UVB, dan blue light aja, tapi kandungan lainnya bikin kulit wajah jadi lebih sehat dan moist bangettt.

https://widyasty.com
Ingredients Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen mantap semua!

KELEBIHAN & KEKURANGAN SCARLETT SUN BRIGHT DAILY SUNSCREEN

Setiap produk pasti tetap ada kekurangannya dong ya, tapi sejauh ini saya gak pernah nemuin banyak minus di produk-produk Scarlett, good job banget deh buat owner dan semua timnya! Kita mulai dari kelebihannya dulu yuk.

☺︎  Finish-nya bikin glowing banget, sukaaa!
☺︎  Klaimnya yang benar-benar dirasakan: melembapkan dan menyejukkan kulit, melindungi dari efek buruk sinar matahari.
☺︎  No fragrance. Ada aromanya sih sedikit tp gak ganggu apalagi nyengat banget.
☺︎  Harganya termasuk ekonomis. Rp75,000 udah dapat 50ml sunscreen.
☺︎  Untuk kulit saya yang acne prone, gak memicu jerawat baru loh. Mantep!

Beneran bagus kaaan, jadi gak salah deh kalau mau beli dan cobain dari sekarang. Apalagi kita udah mau masuk musim kemarau kan, dan cuaca pasti akan lebih banyak panas. Stok sunscreen banyak di rumah tuh bukan keputusan yang salaaah.

Meskipun saya suka sama sunscreen ini, ada juga beberapa concern dari saya. Harapannya semoga kualitas produk Scarlett akan lebih baik lagi.

☹︎ Kemasannya kurang travel friendly.
☹︎ Teksturnya terlalu encer dan rawan bleber/tumpah. Jadi harus hati-hati tuangnya.
☹︎ Butuh waktu lama untuk nge-blend sampai benar-benar rata dan gak basah.

https://widyasty.com

So far, lebih banyak kelebihannya kan daripada kekurangannya? Jadi produk ini masih tetap worth to try. Apakah saya akan repurchase terus? Belum tentu, tapi kemungkinan iya. Saya masih mau coba pakai dulu selama beberapa bulan untuk lihat efeknya, kalau memang benar cocok dan gak bikin breakout, ya saya lanjut pemakaiannya.

CARA MEMBELI SUN BRIGHT DAILY SUNSCREEN SCARLETT

Supaya gak insecure beli produk Scarlett tapi takut dapet yang gak asli, mending beli di official store-nya aja di Shopee dan Tokopedia. Harganya seriiing banget diskon loh, belum lagi banyak bonus gratisannya kalau langsung beli banyak produk. Dijamin gak rugi! Setelah beli, jangan lupa tetap cek keaslian produk Scarlett yaa, caranya gampang banget kok. Tinggal scan barcode yang ada di botolnya aja.

Dah, jangan pikir lama-lama lagi, cus langsung checkout sekarang jugaaaaa!

Share:

10 comments

  1. suka dengan SPF nya yang 50 ini dari Scarlett,
    apalagi pas lihat bagian after kak Widya pakai kelihatan lembabnya di kulit.

    ReplyDelete
  2. kepo juga sama produk sunscreen dari Scarlett ini. Ga tau kenapa, kalo cewe tu suka coba-coba produk skincare or make up ya. Ato cuma saya aja ? haha. Oya dari poin2 diatas saya sepakat, tapi kalo tuk pake yang 2 ruas jari itu saya belum menerapkannya, too much soalnya menurut saya. saya pake secukupnya aja, ga kebanyakan, ga terlalu sedikit juga. sedang2 saja :D

    ReplyDelete
  3. Beberapa kali nyobain sunscreen tapi tetap jerawatan, next aku coba scarlett deh, semoga bisa cocok sama aku :) tapi emang harus 2 ruas jari ya kak pemakaiannya ?

    ReplyDelete
  4. wah makasih ya Mbak atas info-info mengenai sunscreen-nya. aku sendiri belum coba dari Scarlett. Semoga udah halal juga ya

    ReplyDelete
  5. Cara penggunaan yang tepat memang dapat menghindarkan dari kesalahan yang tidak diharapkan

    ReplyDelete
  6. aku kemarin pengen beli SS ini tapi masih inget di rumah stok SS ku masih banyak hihi.. cuma ss scarlett yg baru ini emang menggoda dari teksturnya ringan.

    ReplyDelete
  7. Sunscreen itu hal wajib di pagi hari, gak boleh skip! Makanya cepat habis dan harus selalu nyatok

    ReplyDelete
  8. Skincare memang tergantung jenis kulit sih, kadang si A cocok dengan produk D, tapi ga cocok dengan produk E. Selain itu bisa jadi pemakaiannya kurang tepat sehingga hasilnya ga maksimal

    ReplyDelete
  9. walau sya cowo, sya juga perlu informasi sejenis ini juga buat perawatan dan perlindungan kulit muka.. hehehee

    ReplyDelete
  10. Pakai sunscreen tuh emang penting bangettt! Ini jd skincare wajib rutin yang selalu harus ga boleh ke skip. Thanks yaa ka sudah sharing

    ReplyDelete

Thank you for meeting me here! Hope you will be back soon and let us connect each other 😉