Review: Usir Jerawat dengan Scarlett Acne Care dalam 4 Hari!

6/23/2022 04:08:00 pm

Konten [Tampil]
Setiap ada jerawat numbuh, saya pasti langsung mikirin sumbernya; apakah karena hormonal, stres, atau kondisi badan lagi gak fit? Terus, langsung siapin pasukan skincare khusus untuk mengusir acne-acne itu. Buat saya, jerawat pasti akan selalu muncul, apalagi tiap udah masuk ke fase PMS. Jadi, gak perlu malu atau minder karena wajah jerawatan. Asal kita paham cara mengatasinya, wajah kita pasti akan baik-baik aja.

Skincare yang saya pakai sebenarnya sedikit, cuma basic aja bahkan gak lebih dari 5-6 layer. Tapi, saya biasanya membedakan penggunaan skincare untuk daily, saat kondisi wajah saya baik-baik aja, dan untuk acne care, saat saya sedang ingin menyembuhkan jerawat. Jadi, kelihatannya sih emang banyak ya padahal masih sesuai kebutuhan. Daily skincare saya pun gak pernah ganti merek lain, atau sering cobain merek baru, karena saya udah ketemu dengan yang paling cocok. Saya gak mau bikin kulit wajah saya "ngambek" karena keseringan dikenalin sama produk baru yang belum tentu cocok.

TIPS MEMILIH ACNE CARE

Ketika bulan ini saya masuk ke fase PMS dan muncul beberapa jerawat, kebetulan banget saya penasaran dan udah berencana mau cobain satu set acne care dari Scarlett Whitening. Ini udah jadi wishlist saya dari lama, karena banyak yang bilang bagus dan harganya ekonomis. Setelah saya pernah cobain beberapa varian bodycare-nya, sekarang saatnya saya cobain skincare-nya.

Sebelum memilih skincare untuk menyembuhkan jerawat, hal pertama yang saya perhatikan adalah kandungannya, jangan sampai menggunakan skincare yang ada kandungan berbahaya atau berisiko alergi. Kebetulan sejauh ini kulit saya gak pernah terindikasi alergi saat menggunakan rangkaian skincare. Jadi, saya cukup memilih kandungan yang sedang dibutuhkan kulit, misalnya tea tree dan salicylic acid untuk menyembuhkan jerawat dan mengurangi peradangan.

Kedua, saya sering membaca review dari orang-orang terkait skincare tersebut, bagaimana efeknya setelah digunakan, apa saja kekurangan dan kelebihan, sehingga saat saya mencobanya, saya jadi tahu seberapa besar ekspektasi saya terhadap produk tersebut. Salah satu brand yang sudah saya coba dan merasa cocok dengan banyak produknya adalah Scarlett Whitening.

https://widyasty.com

RANGKAIAN ACNE CARE DARI SCARLETT WHITENING

Produk bodycare dan haircare dari Scarlett terbukti cocok digunakan untuk sehari-hari dan gak ada efek negatif yang saya rasakan. Dua hal yang menjadi ciri khas dari produk-produk Scarlett adalah warna dan desain packaging-nya yang appealing, dan aromanya yang lumayan kuat dan sangat wangi. Tapi, mungkin bagi sebagian orang yang gak terlalu suka menggunakan produk dengan wewangian yang kuat gak akan suka menggunakannya. Buat saya sendiri, aromanya masih bisa diterima dan enak banget, jadi masih gak mengganggu buat saya.

Baca juga:
Nah, kali ini, saya penasaran cobain skincare-nya. Apakah semua produk dari Scarlett benar-benar terbukti punya efek bagus untuk digunakan sehari-hari, atau nge-hype karena banyak banget yang nge-review ya?

https://scarlettwhitening.com

Setelah dua minggu cobain acne care dari Scarlett Whitening, akhirnya saya bisa menulis review ini sesuai dengan pengalaman pribadi saya secara jujur dan objektif. Produk yang saya coba kali ini lengkap banget, mulai dari facial wash, essence toner, serum, dan cream-nya. Kita bahas satu per satu, yuk!

ACNE FACIAL WASH

Facial wash yang satu ini baru banget launching bulan lalu nih, yang akhirnya melengkapi acne series dari Scarlett Whitening. Makanya saya senang banget bisa cobain lengkap semuanya sekarang. Dengan warna ungu yang cantik banget, facial wash ini punya tekstur yang kental banget. Gak lupa dengan sparkling dan kelopak bunga berwarna ungu (kayaknya Centella Asiatica ya? Karena ada kandungan ini di dalamnya), serta packaging-nya yang langsing bikin facial wash ini menarik banget. Travel friendly banget deh!

Yang bikin saya senang, ternyata teksturnya licin banget pas di-apply ke wajah, terus langsung bersih setelah dibilas. Gak bikin kering dan rasa ketarik di wajah setelah cuci muka.

Dilansir dari website dan Instagram Scarlett Whitening, acne facial wash ini mengandung Seaweed Extract, Tea Tree Extract, Mugwort Hydrosol, Vitamin C, Lemon Water, Jeju Aloe Vera, Jeju Rosemary, Centella Asiatica, dan Pomegranate Extract yang berguna untuk:
  • Membersihkan wajah dari kotoran yang menyumbat pori-pori,
  • melawan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat,
  • merawat dan menyembuhkan jerawat,
  • mencerahkan noda bekas jerawat,
  • menjaga kelembapan wajah dan menenangkan kulit yang meradang karena jerawat.
https://widyasty.com

Hasil yang saya rasakan setelah pemakaian dua minggu:
  • Kulit wajah jadi lebih bersih dan lembap,
  • jerawat cepat reda, tapi gak terlalu bisa mengurangi bekasnya.
Nah, sebenarnya saya tuh pecinta sabun-sabunan yang banyak busanya, tapi produk Scarlett hampir semuanya minim busa, mulai dari bodywash, shampoo, bahkan facial wash-nya juga, which is good actually! Konsisten banget. Apalagi sama aromanya, hmmm... semua produk Scarlett tuh wangi banget. Saya sempat mengira waktu pertama kali cobain facial wash ini, ada wangi jeruknya sedikit. Mungkin karena ada kandungan lemon water-nya juga ya.

ACNE ESSENCE TONER

Nah, setelah cuci muka dan dikeringkan, baru deh kita lanjut pakai tahapan skincare lain, dimulai dari penggunaan acne essence toner. Cara menggunakannya bisa dengan dua pilihan; pakai kapas, atau dituang di telapak tangan dan tap tap ke seluruh wajah. Kalau saya biasanya lebih suka dituang ke telapak tangan aja, terus tap tap ke wajah sampai rata.

Yang unik dari essence toner ini adalah adanya boba atau beads berwarna pink keunguan di dalamnya. Nah, beads ini bukan cuma hiasan aja lho, karena ada bahan aktif Phyto Squalane yang berguna sebagai anti inflamasi, yang dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat. Cairannya sebenarnya bening dan teksturnya seperti air, tapi beads-nya ini akan ikut kesedot ketika kita pencet pump-nya, jadi cairan toner-nya akan ada bulir-bulir dari beads ini. Jadi, pastikan aja waktu apply ke muka harus sampai rata dan terserap semua.

Selain Phyto Squalane, kandungan lain yang terdapat dalam acne essence toner ini adalah:
  • Zinc Sebum: meminimalkan kemerahan karena jerawat,
  • Green Tea & Tea Tree Water: bersifat antimikroba, yang mampu menenangkan dan merawat kulit wajah yang sedang berjerawat,
  • Mugwort Hydrosol: berfungsi untuk melindungi, menutrisi, dan menghidrasi kulit wajah,
  • Vitamin C: meningkatkan produksi kolagen,
  • Ginkgo Extract: melembapkan dan menghaluskan kulit,
  • Succinic Acid: mengontrol dan menyeimbangkan produksi sebum,
  • Gluconolactone: mengangkat sel kulit mati, membentuk permukaan kulit, dan membuat kulit jadi halus
https://widyasty.com

Dari sekian banyak manfaat dan klaim tersebut, setelah dua minggu pemakaian saya merasakan:
  • Jerawat cepat mereda, dan gak terasa gatal,
  • kulit wajah terasa terhidrasi dengan baik, dan lebih lembap,
  • mengontrol produksi sebum/minyak di wajah (penting banget karena skin type saya adalah oily).
Berbeda dari facial wash, acne essence toner ini gak memiliki aroma wangi yang kuat. Memang tetap ada aromanya, tapi bukan aroma wangi-wangian yang nyengat gitu loh. Ada efek yang saya rasakan juga setelah apply, ada sensasi menthol yang agak cekit-cekit gitu rasanya di wajah, tapi cuma sebentar terus hilang. Ini akan lebih berasa lagi kalau sebelumnya pakai exfoliate toner dulu. Kalau bisa, dijeda aja 2-3 menit.

Yang saya sayangkan dari acne essence toner ini adalah tutupnya yang gak klik dan kencang. Jadi, takut berisiko bocor kalau dibawa bepergian. Saya gak tahu sih ini kebetulan saya dapat tutup yang kendor, atau memang semuanya begini. Tapi, ini bisa diakali dengan pindahin dulu ke botol kecil sebelum bepergian.


ACNE FACE SERUM

"99.9% oil-free face serum that reduces the formation of acne and breakout"

Dari tulisan yang ada di packaging-nya ini, saya tertarik mau coba nih. Over-claimed gak, sih?
Hmm, setelah saya coba selama dua minggu, ini yang saya rasakan:
  • Benar mengurangi minyak berlebih di wajah,
  • benar mengatasi dan menyembuhkan jerawat di wajah,
  • ringan banget karena teksturnya super watery. Gak kayak serum lain yang teksturnya kental dan susah menyerap.
https://widyasty.com

Apa kandungan di dalamnya yang membuat jerawat mudah calming? Di dalam Scarlett acne face serum, terdapat kandungan Tea Tree Leaf Water, Salicylic Acid, Jeju Centella Asiatica, Liquorice Extract, dan Vitamin C. Manfaatnya adalah:
  • Menyembuhkan jerawat yang meradang, jerawat batu, kulit kemerahan dan iritasi,
  • meregenerasi kulit, dan tidak menimbulkan iritasi pada wajah sensitif,
  • menenangkan dan menghaluskan kulit, dan memudarkan bekas jerawat,
  • mencerahkan kulit,
  • sebagai anti-oxidant dan anti pollution,
  • mengontrol kadar minyak berlebih di kulit.
Beberapa klaimnya memang saya rasakan, tapi ada beberapa yang belum kelihatan juga hasilnya, seperti menghaluskan kulit, mencerahkan kulit, dan memudarkan bekas jerawat. Tapi, mungkin karena baru pemakaian dua minggu jadi hasilnya belum seluruhnya efektif. Saya masih terus pakai sampai sekarang. Semoga bisa memudarkan bekasnya juga ya, karena lumayan banyak juga nih jerawat hormonal yang muncul kemarin.

Untuk aromanya, sama sekali gak ada. Mungkin karena serum ini untuk kulit sensitif juga jadi tidak menggunakan fragrance ya, karena berisiko iritasi?

ACNE CREAM (DAY & NIGHT)

Packaging dari kedua acne cream ini agak mirip ya, jadi rawan tertukar hehe. Acne day cream warnanya ungu + putih, sedangkan acne night cream warnanya ungu + pink gelap. Aromanya ada wewangian tapi gak terlalu nyengat, tapi saya prefer wangi night cream-nya sih enak banget.

https://widyasty.com

Kedua cream ini punya kandungan CM Acnatu, Double Action Salicylic Acid, Poreaway, Squalane, Triceramide, Natural Vitamin C, Hexapeptide-8, dan Aqua Peptide Glow. Peran mereka adalah:
  • Sebagai anti bacterial alami dan anti inflamasi,
  • menenangkan kulit yang sedang berjerawat, dan merawatnya,
  • mengencangkan pori-pori dan menghambat penuaan dan kerutan wajah,
  • menghidrasi kulit dan membuat wajah lebih merona.
Tekstur dua cream ini berbeda. Day cream-nya lebih soft sedangkan night cream-nya lebih padat dan thick. Tapi, saat di-apply, keduanya mudah terserap sempurna ke kulit wajah. Ketika pakai sunscreen pun gak ada efek pilling.

https://widyasty.com

Setelah pemakaian dua minggu, ini yang saya rasakan:
  • Kulit yang berjerawat jadi lebih calming,
  • lebih lembap dan kulit wajah terasa terhidrasi dengan baik.
Nah, selain rangkaian acne care dari Scarlett, saya juga pakai tambahan sunscreen untuk AM routine, dan exfoliate toner untuk PM routine. Simple kan? Gak terlalu banyak layer.

HASIL PEMAKAIAN SCARLETT ACNE CARE

Setelah menggunakan Scarlett acne care selama dua minggu pertama, saya memiliki kesan baik terhadap produk-produk ini. Kulit wajah saya cocok banget, gak ada indikasi iritasi, dan sudah merasakan beberapa klaimnya meskipun gak semuanya. Dari semua rangkaian produk ini, saya paling puas sama facial wash dan face serum-nya. Enak banget dipakai di wajah. Kayaknya akan repurchase hihi. Oiya, semua produk Scarlett Whitening sudah terdaftar di BPOM dan aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

Selama saya pakai rangkaian acne care ini, jerawat saya pulih dan kempes dalam waktu empat hari. Tapi, masih ada sisa bekasnya. Sampai sekitar 10 hari pemakaian, baru agak berkurang dan samar dikit. Mungkin kalau dilanjutkan pemakaiannya bisa lebih menyamarkan noda jerawatnya dan mencerahkan wajah ya. Let's see! 😉

https://widyasty.com
Before dan after penggunaan rangkaian Scarlett Acne Care. Berasa banget kulit wajah lebih lembap, kenyal, dan noda jerawat agak samar.

Kekurangan produk-produk Scarlett acne care ini juga gak terlalu banyak saya rasakan sih, mungkin karena saya cocok sama semua rangkaiannya ya jadi gak ada keluhan yang saya rasakan sejauh ini. Semoga tetap cocok dan makin ngerasain banyak benefit lainnya, karena harga produk Scarlett ini tuh murah banget, jadi gak berat di kantong kalau mau repurchase.

CARA MEMBELI PRODUK SCARLETT WHITENING

Semua produk Scarlett punya harga yang rata dan konsisten, cuma Rp75,000 ajaaa, di saat skincare lain harganya selangit sampai gak sanggup mau cobain beli huhu. Kalau kamu tertarik mau coba dan beli, kamu boleh banget kunjungi laman ini ya. Produk Scarlett Whitening tersedia di website, Shopee, dan chat langsung ke admin. Tinggal pilih salah satu aja yang paling biasa kamu gunakan.

Kalau kamu paling cocok sama produk Scarlett Whitening yang mana? 😊

You Might Also Like

12 comments

  1. Aku uda coba yg brighteningnya emg bgus buat kulit lebih lembab, boleh dicoba ni klo lg jerawat bersemi pke yang acne care

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum coba nih yang brightening. Bagus juga ya katanyaa, jd penasaran hehe

      Delete
  2. Wawww terlihat bedanya ya, Mbak. Jerawat berkurang dan wajah lebih kenyal. Aku belum coba Scarlett yang ini, pakainya yang brightly. So far so good dan gak ada masalah juga di wajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Scarlett kayaknya jarang ya yang gak cocok, pada cocok semua hihi, ingredients-nya bersahabat dengan kulit. Apalagi harganya 😂

      Delete
  3. Serum favorit aku sih, produk scarlett gak ada yang gagal, semuanya bagus dan cocok juga di muka aku

    ReplyDelete
  4. Wah Scarlett produknya bagus2 ya aku baru cobain yang perawatan tubuhnya mau jga ah cobain yang perawatan wajah kbtulan kulitku lagi ada masalah jerawat berati kalo kulitnya sensitif bsa jga y ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Kak. Ingredients-nya aman banget sih, aman buat bumil dan busui juga

      Delete
  5. Lengkap banget produk scarlett-nya kak, ternyata berfungsi baik yah di kulit kakak. Thank reviewnya kak

    ReplyDelete
  6. paling heran di kulit aku adalah ketika wajah di pagi hari baik-baik aja, tau-tau malemnya ngembang kayak mau muncul jerawat, dan beneran jerawatnya langsung muncul plus nanah putih.
    Nahh kebetulan aku pakein si scarlett ini juga yang tonernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih sama dong kayak aku, bangun tidur tau-tau ada yang bejendul padahal semalem sebelum tidur masih gak ada apa-apa, huhu. Enak ya Mbak toner-nya. Lucu banget juga packaging-nya

      Delete

Thank you for meeting me here! Hope you'll be back soon and let's connect each other 😉