Perbedaan Selebritis dan Feminis dalam Memandang Stereotype Perempuan di Mata Najwa

Beberapa hari yang lalu, saya baru aja nonton Najwa Shihab ngobrol dengan beberapa bintang tamu laki-laki di Mata Najwa, ngomongin Susahnya Jadi Perempuan. Tema ini kayaknya gak akan habis dibahas dan diperbincangkan, karena semua orang punya pemikirannya masing-masing mengenai banyaknya stereotype perempuan di Indonesia. Yes, karena stereotype ini sudah dirawat selama puluhan tahun, maka saya paham bahwa gak akan mudah untuk menghapusnya. Kenapa harus dihapus? Ya, karena beberapa poinnya lebih sering memberatkan kaum perempuan. Makanya setiap hari sebagian besar perempuan semakin gencar menyuarakan emansipasi wanita, kesetaraan gender, dan hak asasi manusia.

Bagi saya, kesetaraan gender sendiri sudah lebih kompleks untuk dibahas, daripada peran perempuan itu sendiri dalam keseharian. Sebanyak dan sekeras apapun suara kita diperdengarkan, akan lebih baik jika kita bisa mulai dari orang terdekat di lingkungan kita, jangan sampai debat kusir di Twitter sama orang yang gak dikenal, haduh energinya abis banyak banget. Malah capek sendiri, karena semua orang akan mempertahankan pendapat yang mereka anggap paling benar.

APA BENAR JADI PEREMPUAN ITU SUSAH?

Balik lagi ke channel YouTube-nya Mbak Najwa. Dalam tayangan tersebut selama kurang lebih satu jam, beberapa stereotype perempuan dibahas dan dikupas habis bersama narasumber untuk memecahkan teori perdebatan yang sering kita dengar. Narasumber itu adalah Onad, Anang, Denny Sumargo, dan Rocky Gerung. Jujur, di awal tayangan saya bertanya, kenapa harus membicarakan topik tentang perempuan dengan narasumber laki-laki?

Sebelumnya, hal yang akhirnya bikin saya ke-trigger untuk menonton tayangan full-nya adalah karena omongan Anang yang menyebut bahwa istri harus tetap tampil cantik saat suami capek pulang kerja, jangan pakai daster bolong. Yah, namanya juga cuma potongan tayangan ya, jadi pikiran kita ke mana-mana dan bawaannya mau ngomel duluan. Jadilah saya nonton aja tayangan full-nya, karena mau tahu apa maksud Anang ngomong kayak gitu. Apalagi judulnya adalah 'Susahnya Jadi Perempuan', akhirnya bikin saya berpikir apakah tuntutan kayak gitu dalam rumah tangga menandakan bahwa jadi perempuan itu memang benar-benar susah?

https://www.youtube.com/results?search_query=najwa+shihab

KUPAS TUNTAS TENTANG STEREOTYPE PEREMPUAN DI INDONESIA

Dari semua stereotype yang masih mendarah daging di Indonesia, salah satu hal yang paling mengganggu saya itu adalah ketika sebuah rumah tangga didasari dengan patriarki, yang mana perempuan selalu diposisikan sebagai yang tunduk dan patuh kepada laki-laki. Untungnya, rumah tangga saya didasari oleh kesetaraan dan kesepakatan, tapi bukan berarti semua rumah tangga bisa se-ideal ini. Saya paham banget masih banyak perempuan yang terjebak dalam rumah tangga yang gak sehat karena patriarki tersebut, dan sulit bagi kita menghapus stereotype itu karena sudah dirawat dan dipertahankan sejak puluhan tahun lalu.

Selain itu, stereotype apa lagi yang dibahas oleh Najwa Shihab dan empat narasumber lainnya? Seperti yang udah saya katakan, kalau saya ke-trigger nonton dari sepotong cuplikan, makanya hal ini juga akan saya breakdown satu per satu, tapi sesuai dengan pandangan pribadi saya ya. Dan mungkin akan jadi tulisan yang agak panjang, semoga gak bosan dibaca sama teman-teman. Kalau memang ada pandangan yang berbeda, just write down on the comment section to let me know, and let's discuss together ☺️

PEREMPUAN YANG BELUM MENIKAH DIANGGAP NEGATIF

Udah bosan dong dengan pertanyaan 'kapan nikah?' setiap ketemu keluarga atau kerabat yang basa-basi? Apalagi kalau udah memasuki usia 25 tahun ke atas, kayaknya kok udah ketuaan banget untuk gak menikah. Tapi, kalau memang ada hal lain yang jadi pertimbangan, atau memang belum ketemu jodohnya, mau gimana dong? Huhu. Masa udah berkelakuan baik di masyarakat, tetap masih dianggap negatif hanya karena belum menikah. SAD BANGET!

Rocky Gerung punya pendapat, bahwa dari sudut pandang patriarki, perempuan yang tidak menikah dan melahirkan dianggap dapat memutuskan generasi. Saya setuju dengan pendapat itu, meskipun sekarang sudah banyak banget perempuan yang lebih memilih untuk childfree. Mengandung dan melahirkan itu hanya bisa dilakukan oleh perempuan karena hal itu adalah kodratnya. Nah, tapi kalau berbicara tentang rentang usia, saya sebenarnya gak setuju kalau perempuan selalu diburu-buru menikah, padahal laki-laki bebas.

Sisi lain tentang permasalahan usia pernikahan dan kehamilan bagi saya adalah, semakin tua seorang perempuan, maka fisiknya pun juga berpengaruh saat sedang merencanakan kehamilan dan kelahiran. Misal, kualitas sel telur dan alat reproduksi di usia 35 tahun pasti akan sangat berbeda dengan usia 25 tahun, dan ini akan memengaruhi kondisi fisik perempuan selama mengandung dan melahirkan. Belum lagi setelah melahirkan, kita masih harus menyusui anak hingga dua tahun, dan bertanggung jawab sampai anak bisa mandiri.

Bagi saya yang memang mau berkeluarga dan memiliki keturunan, saya sejak dulu selalu menghitung usia perkiraan saat hamil dan mengasuh anak. Jika saya baru menikah dan hamil di usia 30 tahun, maka saya harus memiliki fisik yang sehat dan kuat, karena saya harus bertanggung jawab terhadap hidup anak saya hingga Ia berusia 18-20 tahun, yang artinya saya sudah berusia 50 tahun. Nah, kalau saya semakin menunda pernikahan dan kehamilan, maka usia saya sudah termasuk non-produktif lagi saat anak saya belum menyelesaikan usia pendidikannya. Sedangkan kita bisa berencana, tapi kita tetap gak pernah tahu persis bagaimana kondisi dan situasi kita saat nanti memasuki usia non-produktif itu. Makanya, bagi saya usia 25 tahun itu waktu yang tepat untuk menikah dan mulai berencana memiliki anak. Malah dulu saya mau banget nikah muda di umur 20-21 tahun, tapi ternyata masih enak menikmati kehidupan dan pekerjaan, jadi berubah pikiran deh hehe.


Hal ini akan sangat berbeda dengan perempuan yang ingin menikah tapi gak mau punya anak, atau bahkan ga mau menikah karena mau membangun kehidupannya sendiri, karena pertimbangan mereka pasti berbeda, bukan hanya tentang anak. Jadi, dibalikin lagi aja, usia muda atau tua, kita para perempuan sendiri yang menentukannya sesuai tujuan masing-masing.

PEREMPUAN LEBIH EMOSIONAL, LAKI-LAKI LEBIH LOGIS

Mungkin stereotype ini berhubungan dengan perempuan yang lebih mudah terbawa perasaan dibanding laki-laki. Kadang, para perempuan juga sering banget saling curhat dengan sesama temannya, apalagi kalau lagi patah hati. Kayaknya dramatis banget ceritanya, dan lebih gampang nangis. Sedangkan laki-laki dianggap lebih logis karena tegas dengan keputusan yang sudah dibuat. Segala sesuatunya dipikirkan berdasarkan logika. Tapi, apakah itu semua benar?

Saya hampir setuju dengan stereotype ini, tapi kalau dipikir lebih panjang lagi, bisa jadi karena stereotype ini berhubungan juga dengan laki-laki yang dalam konstruksi sosial dituntut untuk lebih maskulin, jadi gak bisa secara bebas dan leluasa menunjukkan emosinya di depan banyak orang, seperti menangis saat sedih. Mereka langsung dicap cengeng dan gak maskulin. Yah, semacam toxic masculinity gitu lah. Padahal, semua orang berhak menunjukkan perasaan mereka, kan?

Mbak Nana kemudian mengeluarkan data research, bahwa sebagian besar perempuan ternyata akan menghabiskan uang yang mereka dapatkan untuk dialokasikan ke keluarga, rumah tangga, pendidikan anak, kesehatan, dan lain-lain, sedangkan laki-laki lebih banyak menghabiskan uang untuk hobi dan membeli barang. Jadi, dalam hal ini perempuan dianggap lebih logis dan rasional. Kamu sendiri setuju sama pendapat yang mana?

https://www.youtube.com/watch?v=jOfwbj09z1Q&t=2955s


PEREMPUAN TIDAK IDEAL SEBAGAI PEMIMPIN

Perempuan yang tegas dalam melakukan pekerjaannya sering dianggap bossy, perempuan yang punya target dan berusaha mencapainya dianggap ambisius, sedangkan laki-laki gak pernah terikat dengan stereotype ini meskipun mereka bersikap tegas dan ambisius. Di dalam rumah tangga, suami dianggap pemimpin dan biasanya bekerja untuk mencari nafkah, sedangkan istri harus berada di rumah. Bahkan Presiden Indonesia aja lebih banyak laki-laki daripada perempuan. Kenapa ya?

Padahal, menurut data yang dipaparkan oleh Mbak Nana, organisasi yang dipimpin oleh seorang perempuan lebih maju dan berkembang. Sayangnya, sebanyak apapun data dan kenyataan yang diperlihatkan di lapangan, tetap gak bisa mengubah pola pikir bahwa perempuan tetap dianggap terbatas dan kurang layak dalam hal kepemimpian. 🥺

Denny Sumargo sendiri punya pendapat, bahwa meskipun perempuan bagus dalam hal memimpin, secara fisik mereka tetap perempuan dan dianggap gak bisa turun tangan misal saat ada konflik. Saya anggap berarti Ia masih berpikir bahwa perempuan gak bisa sekuat laki-laki dalam menangani konflik, dan semua sikapnya dalam memimpin jadi sia-sia dong? Huhu. Ia juga menegaskan bahwa laki-laki pasti punya perasaan ingin dominan dalam hal rumah tangga dan takut jika istrinya yang lebih berkuasa. Tapi, agar bisa berjalan selaras, kepemimpinan bisa berjalan dengan cara lain, misalnya istri tetap diperbolehkan at au diberi kesempatan untuk berkuasa dalam salah satu bidang, misalnya mengatur keuangan, bekerja sesuai passion, dll. Padahal, saat istri diberi izin untuk bekerja, tetap balik lagi bahwa keputusan itu didasari atas izin suami, yang artinya di balik kebebasan istri yang bekerja, ada kekuasaan dari suami yang harus memberi izin terlebih dahulu.

Wah wah wah, udah mulai gemes belum nih? Hahaha. Kita lanjut dengan stereotype berikutnya boleh yaaa? Yuk simak lagi sampai selesai.

PEREMPUAN LEBIH DIHARGAI DARI ASPEK PENAMPILAN DARIPADA KEAHLIAN

Kenapa Mbak Nana lebih sering dipuji cantik dibandingkan dipuji dengan keahliannya, setiap kali Ia diperkenalkan dalam sebuah acara? Tentu saja hal itu termasuk pujian, dan kita para perempuan harus senang dengan hal itu, tapi Beliau gak setuju karena seakan-akan penampilan perempuan lebih terlihat menonjol daripada keahliannya. Pertanyaan itu kemudian dijelaskan oleh Rocky Gerung. Ia beranggapan bahwa di dunia media saat ini, kamera dianggap sebagai mata laki-laki, yang lumrahnya menonjolkan konsep estetika, sehingga kecantikan perempuan menjadi pujian yang paling utama sebelum akhirnya menunjukkan keahliannya.

Hal itu membuat saya berpikir, wajar Mbak Nana sebal karena lebih dulu dipuji cantik dibandingkan pintar, karena di Indonesia perempuan harus susah payah membuktikan diri dulu ke dunia untuk dianggap berprestasi, baru mereka bisa dipromosikan, sedangkan laki-laki dianggap lebih mudah. Hal ini sebenarnya bisa mulai diedukasi, jika laki-laki juga mau bekerjasama dalam menghapus stereotype ini. Karena ketidaksetujuan Mbak Nana ini, Anang bersuara bahwa mungkin para perempuan, khususnya Najwa, harus mulai menerima aja apa yang masyarakat berikan, selama itu terdengar positif. Jangan selalu berpikir negatif bahwa dipuji cantik itu salah karena maunya dipuji atas keahliannya. Biarkan aja semua orang menganggap cantik, terima aja pujian itu. Yha, sounds like we have to shut our mouth up and let them judge~

Tapi, sorry banget ya Mas Anang, kalau yang begini aja kita perempuan disuruh diem dan terima, gimana dengan isu-isu lain, apakah harus diam dan terima juga? Padahal banyak perempuan yang juga merasa risih dengan hal ini. Gimana kalau kita pintar, berprestasi, punya banyak skill yang dibangun dari nol, tapi fisik kita gak memenuhi syarat cantiknya orang Indonesia? Ya gak akan dipandang sama siapa-siapa dong, dan berujung seperti apa kata Mbak Nana, bahwa kita jadi harus susah payah membuktikan ke dunia dulu untuk bisa diterima, hanya karena kita belum memenuhi kriteria fisik yang cantik untuk dipuji.

URUSAN DOMESTIK HANYA KEWAJIBAN PEREMPUAN

Kalau dalam agama Islam, katanya urusan domestik sesungguhnya kewajiban suami, dan istri diperbolehkan untuk membantu. Tapi, entah kenapa, semua ini jadi bergeser jauh. Perempuan jadi lebih terkesan wajib mengurusi urusan rumah, lalu laki-laki bebas membangun karier dan punya banyak kegiatan di luar rumah. Perempuan yang bahkan gak bisa masak jadi lebih sering dituntut atau bahkan dicap negatif karena jadi dianggap gak bisa jadi istri dan ibu rumah tangga yang baik. Padahal, skill memasak itu sebenarnya penting dikuasai bagi semua orang untuk survival, gak terbatas gender laki-laki atau perempuan.

Onad sendiri merasa bahwa masalah ini hanya sebuah kesepakatan dan komunikasi dengan pasangan. Selagi pembagian tugasnya disepakati kedua belah pihak, maka gak bisa disebut sebagai masalah. Pun Anang merasa setuju, karena bangun rumah tangga baginya adalah membangun keseimbangan. Mereka mau jika disuruh beberes rumah, cuci piring, gak ada masalah. Sayangnya, kehidupan rumah tangga yang ideal seperti ini kan gak bisa dirasakan semua perempuan. Masih banyak yang terkurung dalam stereotype itu, dan hidup seperti gak punya kesempatan berkembang, karena hidupnya sudah didedikasikan untuk mengurus rumah, suami, dan anak di rumah setiap hari.

Terus cara Anang menjawab dan heran dengan situasi kayak gini malah jadi bikin saya mikir... Anang nih terlalu sibuk menciptakan citra keluarga ideal di depan layar kaca, berharap semua orang menjadikannya sosok suami (dan laki-laki) bijaksana, tapi gak mau buka mata bahwa keluarga orang lain gak kayak keluarga dia. Masih banyak yang terkurung dalam masalah ini, lalu dia heran ngapain yang kayak gini dibahas? Ini kan bukan masalah. "Yeh, bukan masalah buat dia doang kali." ⎯ saya menggerutu.

Mereka, para narasumber selebritis, dengan pedenya berlomba saling menonjolkan sisi baik dalam rumah tangganya, seakan-akan pembahasan ini gak perlu. Istri mereka, para perempuan yang beruntung, karena punya suami yang gak mengurungnya dalam stigma-stigma negatif perempuan. Nah, mulai dari pembahasan ini kayaknya udah mulai berasa banget kalau semua poin yang diangkat oleh Mbak Nana, didapatkan beberapa feedback yang berbeda dari cara mereka menjawab dan melempar opini. Saya menghargai sekali diskusi ini menjadi hidup karena mereka semua punya pendapat yang berbeda, tapi tetap saling membuka pikiran, meskipun lebih sering gak setuju sama pendapat Anang dan gemas lihat Onad terlalu netral dan terkesan cari aman. HEHEHE.

PERENCANAAN KEHAMILAN (KB) DIBEBANKAN PADA PEREMPUAN

Kita semua tahu bahwa dampak KB itu hampir selalu dirasakan negatif oleh perempuan, tapi kita gak punya pilihan lain, karena KB untuk laki-laki belum banyak dikampanyekan di sini bahkan sempat ditolak. Padahal efeknya yang sangat berpengaruh ke hormon lumayan menyiksa kita. Ditambah lagi kalau kita gak melakukan KB, terus kebobolan hamil tanpa direncanakan, yang disalahkan pasti pihak perempuan. That's not FAIR! Bahkan Onad aja mengaku gak pernah tahu KB untuk laki-laki selain kondom 😩 Please banget lah. Lu kan diundang ke acara ini dengan tema yang pasti udah di-brief sebelumnya ya, masa gak ada inisiatif untuk riset dikit sih, kira-kira apa aja masalah yang akan dibahas, supaya pendapatnya gak kedengeran kosong banget gitu loh. Huhu.

Memang benar, KB untuk laki-laki sangat kurang dipromosikan di sini, sehingga terbentuk stigma bahwa yang KB harus pihak perempuan. Ternyata, hal itu didasari dari fakta dan data riset, bahwa industri farmasi sengaja hanya menyediakan KB untuk perempuan. Industri farmasi, yang sebagian besar dikuasai laki-laki, hanya bereksperimen pada hormon perempuan untuk memproduksi KB. Ada juga hubungannya dengan keterbatasan dana untuk menciptakan KB laki-laki.

https://widyasty.com

Fakta lainnya adalah banyak juga laki-laki yang ternyata menolak program KB vasektomi, sehingga KB untuk laki-laki semakin tidak dipromosikan. Nah, jadi kita para perempuan semakin merasa bahwa gak ada pilihan lain selain menggunakan KB. Alat reproduksi kita bahkan diatur negara, karena sasaran KB hanya perempuan. Padahal tahu sendiri kan efek KB tuh kayak apa? Teman-teman saya banyak banget yang ngeluh, mulai dari kenaikan berat badan, jerawatan, sampai jadwal menstruasi yang berantakan.

SEBUAH KESIMPULAN TENTANG SUSAHNYA JADI PEREMPUAN

Bagi saya, memang ada banyak sekali tantangan dan masalah yang dihadapi perempuan, meskipun banyak juga masalah yang dihadapi laki-laki, tapi gak bermaksud membanding-bandingkan, bahwa stigma negatif perempuan lebih melekat dan sulit untuk dihapus. Padahal sudah bertahun-tahun para feminis berteriak menyuarakan emansipasi, kesetaraan gender, dan kemerdekaan bagi perempuan, tapi hasilnya masih belum bisa kita rasakan hari ini. Kita seakan masih hidup dalam tempurung kuasa laki-laki, meskipun banyak yang sudah berusaha untuk keluar dan membebaskan diri.

Dalam pembahasan ini, Mbak Nana mengajak narasumber laki-laki karena ingin tahu bagaimana pendapat mereka, dan mengajak para laki-laki agar bisa lebih memahami permasalahan perempuan di Indonesia, karena ini termasuk permasalahan kompleks yang masih dirasakan sebagian besar perempuan. Tapi, tiga selebritis ini (Anang, Densu, dan Onad) kayaknya malah menjadikan acara ini sebagai ajang show off  bahwa mereka adalah seorang laki-laki yang memerdekakan istri. Mereka gak paham ini masalah kompleks, dan malah lebih sering mengajak kita untuk jangan terlalu berpikir negatif.

Tendensi diskusi ini malah bergeser menjadi "perempuan selalu merasa dirinya korban yang telah ditindas oleh laki-laki, padahal gak seharusnya begitu." Yeeesss, gak seharusnya begitu, dan mereka memang mungkin bukan salah satu dari laki-laki yang menindas perempuan. TAPI KAN LAKI-LAKI DI INDONESIA BUKAN CUMA TIGA ORANG INI AJA. Bahkan di kelas sosial menengah ke bawah, masalah patriarki lebih banyak ditemukan. Mereka malah sibuk cari validasi huhuhu. Untung diskusi ini masih bisa dinetralkan oleh Rocky Gerung, yang memang seorang filsuf dan feminisme. Beliau selalu mengeluarkan pendapat secara tertata dan sesuai dengan kondisi pada umumnya, serta memiliki banyak data sebagai acuan. Mungkin ini yang membedakan Rocky Gerung dan tiga narasumber lainnya dalam mengemukakan pendapat. Beliau tahu kapan saatnya berbicara, kapan saatnya berhenti dan mendengarkan.

Permasalahan tentang perempuan memang mungkin masih ada lebih banyak lagi, dan gak ada habisnya untuk dibahas. Tapi, mungkin kita bisa mulai untuk mengedukasi dari lingkungan terdekat kita, bahwa peran perempuan dan laki-laki itu jangan sampai hanya dibentuk oleh konstruksi sosial saja, tetapi juga berdasarkan moral yang manusiawi. Kadang, perempuan selalu merasa jadi korban yang tersudut karena banyaknya tuntutan sosial, tapi dengan diadakannya diskusi terbuka dan mengikutsertakan laki-laki untuk tukar pikiran, jadi suatu hari semua stigma negatif dan tuntutan untuk perempuan akan semakin hilang.

Nah, berhubung tulisan ini tayang berbarengan dengan International Women's Day yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2023, semoga artikel ini bisa lebih membuka pikiran kita untuk bisa saling menghargai dan hidup berdampingan secara merdeka. Mari rayakan hari spesial ini sebagai hari yang berkesadaran, bahwa semua perubahan bisa dimulai dari diri kita sendiri dulu.

Kalau menurut kamu sendiri, stereotype apa yang masih sangat kuat di lingkungan sekitarmu dan sangat membuat kamu gak nyaman? Ceritain juga dong yuk!

Terima kasih ya sudah membaca tulisan ini sampai akhir. Untuk yang mau menonton tayangannya secara penuh, silakan klik link berikut ya: Susahnya Jadi Perempuan - Part 2 | Mata Najwa

Share:

0 comments

Thank you for meeting me here! Hope you will be back soon and let us connect each other 😉