Advertorial: Perjalanan Menemukan Produk Pembersih Rumah Tangga yang Sustainable

9/21/2021 04:25:00 pm

Konten [Tampil]
Pekerjaan rumah apa yang paaaaling bikin kamu semangat dan paling gak suka nih, teman-teman? Hmm... kalau saya sih paling suka cuci-cuci; entah cuci piring, cuci baju, cuci sepatu & sendal, bahkan cuciin sampah kemasan yang bakal dikirim ke bank sampah, hehe. Pokoknya yang berhubungan sama air-air, saya suka banget deh. Termasuk ngepel rumah dan bersihin kamar mandi. Makanya di rumah saya selalu berjejer banyak tuh pembersih rumah tangga yang sering saya pakai.

Sebaliknya, yang paling saya gak suka tuh nyetrika. Percaya gak percaya, nih. Kebanyakan teman-teman saya pun setuju, kalau nyetrika itu kegiatan paling gak disukai. Jadi, saya paling sering nyetrika baju-baju untuk bepergian dan yang paling gampang kusut aja. Sisanya, baju rumahan dan kaos biasa ya cuma disemprot pewangi aja terus langsung masuk lemari πŸ˜….

Anyway, masih berkaitan tentang kegiatan bebersih rumah, saya lagi berpetualang mencari produk pembersih rumah tangga yang aman untuk digunakan dan ampuh menghilangkan kerak dan kotoran, khususnya untuk membersihkan kamar mandi. Soalnya, produk yang saya pakai sekarang tuh tajem banget, mulai dari baunya, terus efek di tangan juga kalau kena cairannya langsung sakit, belum lagi bikin sesak napas dan batuk-batuk, makanya saya gak lupa pakai masker supaya gak ikut menghirup bau cairan pembersihnya itu. Emang sih, bisa cepettt banget ngilangin kerak dan noda di kamar mandi, tapi kalau dipakai jangka panjang kan takutnya bahaya juga buat saya yang sering terpapar bahan kimianya.

Dulu, saya pernah pakai bubuk citrun untuk membersihkan kerak di ember dan bak mandi, tapi harus didiemin lamaaa dulu. Dan kadang, saya jadi keburu lupa kalau harus ditinggal. Pernah juga pakai larutan eco-enzyme, tapi kan panennya harus tiga bulan ya, dan saya masih belum rajin bikin eco-enzyme sendiri. Akhirnya stop bikin eco-enzyme dan balik lagi pakai produk pembersih yang dijual di pasaran.

https://widyasty.com

BAHAN BERBAHAYA YANG MUNGKIN ADA DALAM PRODUK PEMBERSIH RUMAH TANGGA

Sebagai seorang ibu yang masih memiliki anak kecil, sebenarnya agak takut juga kalau harus menyimpan produk pembersih rumah tangga yang gak aman di rumah. Apalagi, kalau saya lagi bebersih, kadang Biandul suka pengin ikutan juga. Kan gak mungkin saya bolehin pegang cairan pembersih yang bahannya tajam banget itu.

Berikut ini adalah beberapa bahan berbahaya yang sering terkandung dalam produk pembersih rumah tangga, dan efek buruknya jika kita sering terpapar.

https://widyasty.com

Sebenarnya, masih banyak lagi bahan berbahaya yang terkandung dalam produk pembersih rumah tangga yang biasa kita gunakan. Mungkin, efeknya gak kita rasakan langsung sekarang, tapi ada juga yang memiliki kulit sensitif langsung merasakan efek iritasinya atau bahkan merasa panas di kulit setiap menggunakan produk-produk tersebut.

Sekarang ini, banyak juga opsi lain untuk mengganti produk pembersih tersebut ke bahan yang lebih aman untuk tubuh dan bumi, seperti salah satunya adalah sabun lerak. Dulu, saya pernah mencoba membuat sabun lerak sendiri, tapi saya gak nyaman sama baunya. Jadi, saya stop bereksperimen. Ah, ya, saya memang masih banyak gagalnya dalam beralih ke produk-produk buatan sendiri yang menggunakan bahan alami 100%. Mungkin lebih ke belum terbiasa dalam beradaptasi ya.


CIRI-CIRI PRODUK PEMBERSIH RUMAH TANGGA YANG AMAN

Jika kamu masih belum sanggup untuk beralih ke bahan pembersih rumah tangga yang 100% alami dan sustainable, setidaknya cobalah untuk mengenal bahan-bahan kimia yang berbahaya tadi dan melihat komposisinya dulu sebelum membeli produk pembersih rumah tangga. Produk dengan bahan yang aman gak akan membuat kulit kita cepat kering dan iritasi, juga akan aman jika tersentuh oleh anak-anak.

Biasanya, dalam kemasan juga tertulis komposisi dengan jelas, seperti bebas alkohol dan SLS, halal, dan telah terdaftar BPOM sebagai produk pembersih rumah tangga yang aman. Jika mau memilih produk pembersih rumah tangga yang ramah lingkungan, kamu bisa juga berbelanja di toko resmi online yang khusus menjual produk-produk sustainable, yang biasanya menggunakan bahan alami.


ALASAN MENCARI PRODUK PEMBERSIH RUMAH TANGGA YANG AMAN

Selain karena alasan kesehatan dan demi ramah anak, saya juga sedang berusaha menjalani hidup minim sampah. Selain mengurangi sampah, konsep hidup tersebut juga mengenalkan saya untuk menggunakan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan. Tapi, buat saya pribadi, membuat cairan pembersih sendiri dari bahan alami lumayan menyita banyak waktu, dan saya masih belum sanggup melakukan eksperimen tersebut, sehingga saya masih memilih untuk membeli produk jadi dan tinggal pakai aja.

Sejauh ini, meskipun masih memakai produk pasaran, tapi saya udah berusaha untuk mengurangi plastiknya dengan cara berbelanja melalui Siklus. Ulasannya pernah saya tulis di sini: Mengatasi Sampah Kemasan dengan Layanan Isi Ulang.


Lalu, suatu hari, ada satu produk pembersih yang mengenalkan diri ke DM Instagram saya. Mereka klaim bahwa produk mereka itu ramah lingkungan dan tanpa kemasan plastik. Wah, saya langsung amazed. Apakah ada bisikan angin yang lewat di depan merekasehingga mereka menemukan kontak saya dan seakan memberitahu, bahwa "Sstt... udah, jangan bingung lagi. Sekarang ada kita yang akan membantu segala kesulitanmu!"

Gak pakai pikir panjang, saya mau lah coba. Kenapa enggak? Yakan... yakan.


SENORMAL, INOVASI BARU TABLET PEMBERSIH YANG SUSTAINABLE

Awal saya cari tahu tentang produk pembersih ini, satu yang menarik perhatian saya adalah: bentuknya tablet. Yap. Effervescent. Lucu banget. Selama ini saya tahunya cuma suplemen penguat tulang doang tuh yang kayak gitu, hihi. Ini juga yang jadi poin plus mereka dibanding produk lain. Dengan kemasan yang bisa didaur ulang dan simple, Senormal mencoba untuk mengubah banyak hal menjadi lebih ringkas.

Kita yang biasanya belanja cairan pembersih di dalam botol atau kemasan plastik, pasti repot karena bawanya berat dan makan tempat ketika disimpan di rumah. Tapi, dengan tablet Senormal, semua jadi ringkas karena satu tablet kecil bisa jadi 500ml cairan pembersih setelah dilarutkan! Wow... udah naksir dan penasaran belum? Yuk, lanjut!

Saat saya pengin beralih dan cari produk pembersih rumah tangga yang aman, problem saya adalah sebagai berikut:
  • Bahan kimianya sangat keras >> Senormal klaim bahwa produknya parabens free, chlorine free, ammonia free, phosphate fee, harsh petrochemicals free, vegan friendly, dan naturally derived ingredients.
  • Sampah botolnya banyak, boros dan cepat habis >> Senormal gak memakai kemasan plastik sekali pakai, dan kemasannya bisa didaur ulang. Botolnya pun reusable. 500ml tuh sebulan dipakai berkali-kali aja belum habis.
  • Takut kepegang anak karena bahaya >> Senormal klaim bahwa produknya baby & pet friendly. Cairannya pun gak panas ketika tersentuh tangan. Wanginya gak menyengat, bahkan hampir gak kecium.
  • Belanjanya berat karena botolnya besar >> Senormal berbentuk tablet effervescent yang keciiil banget jadi super ringkas, bisa dibeli online dan rempong-less, hehehe.
Segitu banyaknya kemampuan Senormal dalam memenuhi kebutuhan saya selama ini. Gimana saya gak seneng banget, bisa tiba-tiba kenal dengan produk ini.


VARIAN SENORMAL

Nah, Senormal ini sebetulnya tablet pembersih all in one. Tapi, mereka punya tiga varian yang berbeda sesuai dengan fungsinya.
  • Multi-Surface Cleaner
Nah ini yang paling boros karena super berguna buat membersihkan apapun. Meja kerja suami, meja makan, permukaan kompor, laci dan rak sepatu, bahkan saya pakai untuk bersihin keyboard aja bisa bersih banget hasilnya, loh. Tinggal semprot aja lalu lap pakai kain kering dan bersih.
  • Glass & Mirror Cleaner
Ini khusus untuk kaca/cermin. Jadi awet banget pemakaiannya karena bersihin cermin & kaca kan gak sering banget.
  • Bathroom Cleaner
Saya gunakan untuk membersihkan semua permukaan kamar mandi. Mulai dari dinding keramik, rak tempat sabun dll, juga bak mandi. Cukup disemprot di area yang kotor, tunggu sebentar kalau noda/keraknya lumayan bandel, terus sikatin deh. Auto kincloooongg!

 

https://widyasty.com

Oiya, mereka juga jual sepaket dengan botol spray-nya loh. Jadi, kalau awal pembelian kamu butuh botol spray-nya juga, bisa beli yang bundling aja. Selanjutnya, beli refill tabletnya aja karena botolnya reusable. Tinggal isi airnya terus larutkan deh.

Kemarin saya coba larutkan sih butuh 30 menitan untuk sampai benar-benar larut dan habis tabletnya. Kalau dilihat dari tips yang ditulis di Instagram @senormal_, mereka suggest jangan ditutup dulu botolnya sampai tabletnya benar-benar larut.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SENORMAL

Sejauh ini, saya udah coba pakai Senormal untuk bebersih rumah selama sebulan terakhir, terutama ketika deep cleaning. Kesan saya dalam menggunakan Senormal adalah happyyy! Hasilnya cukup bersih, paling kalau nodanya agak banyak dan bandel perlu didiamkan dulu beberapa menit baru disikat/dielap. Khusus untuk membersihkan permukaan kompor yang banyak minyaknya, saya butuh mengulang 2 kali sampai benar-benar bersih.

Harganya juga masih standar, kok. Gak mahal tapi gak murah juga. Dengan tablet sekecil itu dan bisa dilarutkan dalam 500ml air, ya termasuk hemat banget. Estimasi saya baru akan habis setelah 3 bulan pemakaian, tapi kalau benda yang dibersihkan banyak banget atau rumahnya lumayan luas sih mungkin bisa kurang dari itu.

https://widyasty.com
Harga produk Senormal, Rp60,000 udah dapat dua tablet. Bisa dipakai berbulan-bulan.

Kekurangannya adalah botol rilisan pertama itu sering bocor di ujung spray-nya. Lalu tuasnya suka macet kalau dipencet. Botolnya pun terlalu gendut dan agak susah dipegang satu tangan. Tapi, sekarang Senormal sudah launching botol baru yang lebih ramping. Mungkin karena sudah banyak yang komplain tentang botolnya yang sering bermasalah, jadi mereka mendengar keluhan itu dan langsung melakukan perubahan. Good job!

Selain terkait botolnya yang suka macet dan bocor, saya rasa produknya masih belum bermasalah. Oiya, saya kurang tahu Senormal ini tahan berapa lama jika sudah dilarutkan, karena saya baru pakai sebulanan dan isinya pun masih banyak. Kalau saya amati sebulan ini, gak ada perubahan warna atau baunya sih. Semoga bisa awet berbulan-bulan yaaah.

Nah, sekarang udah tertarik mau purchase Senormal belum? Kamu bisa langsung beli di toko resminya:
Kalau masih mau kepo dan baca-baca info lengkapnya lagi, silakan berkunjung ke Instagram @senormal_ atau website-nya senormal.com. Oiya, jangan lupa pilah kemasannya dan kirim ke dropbox manajemen sampah ya, supaya bisa didaur ulang! πŸ˜‰

You Might Also Like

16 comments

  1. Unik ya mbak tampilannya bagus btw itu kalo gak hati2 nyimpennya ntar dipikir permen hehhee..wah dimarketplace y belinya oke noted mbak

    ReplyDelete
  2. Menarik nih mbk produknya. Simple dan harganya juga ramah di kantong. Apalagi bisa dipakai berbulan2.

    ReplyDelete
  3. Bentuknya unik banget ya kak, dan punya varian yang berbeda sesuai kegunaannya. Bisa dicoba nih. Biar bisa bebersih rumah dengan ramah. Ramah di kita, ramah juga buat bumi tercinta.

    ReplyDelete
  4. Aku baru tahu soal produk ini, menurut aku bentuknya ini unik kak. Pas scroll sekilas aku kira itu permen, ternyata produk pembersih rumah tangga. Mau nanyak kak, ini kan di larutin pake air ya, kaya sabun gitu berarti ya kak jadinya ? Apakah larutannya itu jadi muru / bergelembung layaknya sabun ?

    ReplyDelete
  5. Menarik! Kalau di Surabaya ada UMKM yang bikin sabun cuci dari bahan ramah lingkungan, tapi bentuknya cair. Sayang, mereka terimbas pandemi dan kalah sama produk mainstream. Baru tau ada yang model tablet seperti ini. Biasanya saya beli yang model tablet gini buat bersihkan mesin cuci.

    ReplyDelete
  6. Inovatif banget produknya. Merknya juga anti mainstream, senormal. Hehe.

    Alhamdulillah banget ada senormal, ndak terlalu tajem, karena kadang pembersih kerak ada yang bikin keramiknya jadi rusak

    ReplyDelete
  7. Percaya nggak percaya? Saya percaya kok. Saya sendiri senang mencuci pakaian, ngepel, tapi malas banget nyetrika. Sumpah!

    Dan untuk kebersihan rumah saya juga sudah pakai yang bentuknya tablet seperti senormal ini. Waktu itu sih karena belanjanya online, dan kalau berbentuk cairan selain beberapa ekspedisi sulit juga ngaruh ke ongkir. Akhirnya nemu produk yang efisien bentuknya.

    ReplyDelete
  8. wah lucu ya bentuknya tablet kayak gitu. jadinya memang lebih minim sampah ya karena kalau cairan kan pakai kemasan plastik gitu

    ReplyDelete
  9. Samaan nih mba, sejujurnya aku juga paling suka pekerjaan yg berhubungan dgn air2 mba, hehehe entah kenapa senang aja... Trus aku baru tau nih mba, ada pembersih yg berbentuk tablet dan akan aku cobain nih sepertinya buat di rumah.

    ReplyDelete
  10. Suka banget produk yang ramah lingkungan hingga ramah anak kayak gini. Seharusnya juga bs diikuti produk lain agar lingkungan kita tetap lestari, meski dari cairan pembersih piring kayak gini. Salut buat Senormal��

    ReplyDelete
  11. Tersedia dalam ukuran tablet bisa dibawa dengan mudah sih.
    Yang penting dengan begitu bisa rajin-rajin berbenah, agar tetap terjaga kebersihan ya

    ReplyDelete
  12. Bagus nih, produknya aman, kemasan juga simpel dan tahan lama juga masa penyimpanannya yah

    ReplyDelete
  13. Unik banget ya konsepnya, bentuk tablet dan ternyata itu untuk pembersih. Biasanya bentuknya cair, ini praktis banget buat dibawa kemana saja.

    ReplyDelete
  14. Waaah.. selain untuk keperluan rumah tangga pribadi, produk senormal ini cocok juga untuk tempat publik seperti di bisnis properti, engga butuh temat khusus terlalu banyak buat menyimpan, simple dan efisien!

    ReplyDelete
  15. Sama banget mba, saya juga paling nggak suka nyetrika. Soalnya pegel, panas, capek, lama banget. Haha

    Baru nyadar karena tulisan ini, selama ini aku kalau beli produk pembersih ya beli karena fungsinya aja. Gak merhatiin ramah lingkungan atau enggak. Next time harus deh merhatiin. Thanks Mba.

    ReplyDelete
  16. Setrika baju memang bikin keringatan apalagi kalau tetiba karena ada acara 5 menit lagi harus berangkat. Btw produknya cute dan unik mba

    ReplyDelete

Thank you for meeting me here! Hope you'll be back soon and let's connect each other πŸ˜‰