[Info Kompetisi] Apa yang Akan Kamu Lakukan Jika Dapat Ratusan Juta dari Kwikku?

10/05/2021 10:57:00 am

Konten [Tampil]
Saya dulu pernah bercita-cita untuk bisa menerbitkan sebuah buku, berawal dari minat saya dalam hal menulis. Sejak SMP, saya terbiasa menumpahkan segala emosi dalam sebuah buku diary. Bahkan, saya pernah punya satu diary yang ditulis bersama (mantan) pacar saya bergantian, hahaha. Jadi, kenangan dan cerita kita tuh banyaaak banget dan diingat semua karena kita menulisnya di dalam buku tersebut.

Waktu itu, saya belum punya mimpi apa-apa. Semenjak kuliah, saya mulai mengisi waktu dengan mengikuti banyak komunitas, seperti Klub Buku Indonesia, Malam Puisi Jakarta, dan saat ini saya aktif di komunitas BloggerHub dan beberapa parenting club. Sejak saya punya banyak teman yang minatnya sama, saya jadi mulai berani bermimpi. Tapi, saya gak tahu gimana cara memulai untuk menuju ke sana.

Beberapa kali saya ikut lomba menulis puisi dan cerpen. Saya juga pernah mengikuti lomba review produk di Blog, beberapa dinyatakan menang, meskipun bukan juara 1, bahkan dicetak menjadi sebuah buku antologi. Semakin saya mengenal minat ini, gejolak saya untuk menulis banyak hal semakin besar. Mimpi saya untuk menerbitkan buku masih jauh dari harapan, karena setelah vakum lama semenjak saya memiliki anak, saya memulai semuanya dari nol lagi. Pengetahuan saya masih sangat jauh dari permulaan.

Jika kamu tertarik, silakan baca halaman REVIEW untuk melihat buku-buku yang pernah saya ulas di Blog ini.

Setiap ada kompetisi menulis, saya ragu untuk ikutan. Takut kalah di tengah jalan. Kalah sama diri sendiri yang masih belum sanggup konsisten dalam menulis. Kini, Blog ini menjadi salah satu media saya dalam melatih kemampuan menulis. Juga, saya merasa beruntung karena dalam perjalanan ini, saya bertemu banyak teman yang supportive dan berbagi banyak ilmu. Semakin kamu tahu banyak hal, semakin kamu tahu bahwa masih banyak yang belum kamu tahu. Saya sangat setuju dengan pernyataan itu.

Jika kamu juga punya hobi menulis, menggambar, atau men-desain sesuatu, kamu juga harus memberanikan diri untuk mengambil langkah besar. Selain berlatih, salah satu langkah lainnya yang harus dicoba adalah menjemput kesempatan dalam bentuk "kompetisi". Ada banyak jenis kompetisi yang sering digelar, dan bertujuan untuk mencari bakat-bakat baru, yang belum ter-expose. Siapa tahu, kamu mendapatkan salah satu kesempatan itu.

Nah, coba simak sampai akhir tulisan saya, karena akan ada info besar yang akan saya bocorkan ke kalian!


TENTANG KOMPETISI 500 JUTA KWIKKU

Waw! Hadiahnya terdengar mencengangkan, ya! Ets, tunggu dulu. Kalian udah kenal belum sama Kwikku, sebagai penyelenggaranya?

Kalau kalian suka baca novel, webtoon, menonton film, dan karya lainnya yang berkualitas, Kwikku adalah sahabat terbaik kita semua! Melalui website-nya, kita akan diajak untuk berkenalan dengan semua karya hebat anak bangsa dengan kualitas premium. Melalui kompetisi ini, Kwikku berharap dapat menemukan talenta yang memiliki bakat hebat dan mampu berkembang.

Dengan hadiah yang sangat menjanjikan, kompetisi 500 juta Kwikku tentu saja terbilang sukses merebut perhatian semua orang yang suka menulis novel, webtoon, dan membuat desain cover buku. Pada tahun 2020, tercatat lebih dari 7,000 karya yang ter-submit. Nah, apakah kamu salah satu orang yang berminat juga? Masih ada waktu untuk ikutan, lho!


KATEGORI DAN JURI KOMPETISI

Kwikku membuka tiga kategori untuk bisa mengikuti kompetisi ini, yaitu: Novel, Webtoon, dan Desain Cover. Jadi, kalau kamu lebih suka membuat desain daripada menulis cerita panjang, kamu masih bisa ikutan kategori desain cover.

Oiya, penasaran gak, siapa aja juri pada kompetisi 500 juta Kwikku kali ini? Yap, pasti di antara nama-nama berikut, ada penulis favoritmu, kan? Saya sendiri sangat mengidolakan karya-karya Dee Lestari. Di rumah, hampir semua novelnya saya koleksi dan baca berulang kali, terutama serial Supernova. Gak heran kalau Dee akhirnya menjadi salah satu juri dalam kategori novel, karena pengalamannya menulis sudah sangat mahir, dan semua karyanya terbilang luar biasa. Selain itu, ada juga Rintik Sedu, penulis yang lagi naik daun banget, nih. Salah satu karya bukunya, yang berjudul Kata, akan segera bisa kita nikmati dalam bentuk film.

event.kwikku.com

CARA MENGIKUTI KOMPETISI 500 JUTA KWIKKU

Sudah penasaran dengan cara ikutannya? Skemanya sangat mudah, dengan timeline yang cukup panjang, tapi gak bisa kamu tunda lebih lama lagi, karena karya yang bagus membutuhkan waktu yang banyak untuk bisa lebih matang. Jangan sampai kamu terburu-buru membuat karya dan submit, tapi hasilnya gak maksimal.

Untuk karya novel, ada ketentuan jumlah kata, minimal 55,000 kata, dan isi ceritanya pastikan gak mengandung SARA, menyinggung pihak tertentu, dan konten sensitif lainnya, ya. Untuk karya webtoon, ketentuannya adalah minimal 150 panel atau 5 episode, dan tentu saja karya gambar diharapkan karya sendiri alias gak jiplak atau ambil punya orang. Kemudian, untuk karya desain cover, pastikan gambar atau ilustrasi dan font yang digunakan gak melanggar hak cipta. Ukurannya maksimal 15kb, dengan tema romance, horor, sejarah, fantasi, dan fiksi ilmiah.

Buatlah karya terbaikmu dengan kategori Novel, Webtoon, dan Desain Cover, lalu submit di website Kwikku. Karya yang telah dimasukkan ke dalam kompetisi akan langsung masuk ke daftar kurasi. Lalu, tinggal tunggu deh pengumuman pemenangnya. Jangan ditunda lagi, ya. Liat, tuh, batas waktunya udah tinggal sedikit lagi, lho.

Berikut adalah timeline #Kompetisi500JutaKwiku:
  • Pengiriman naskah: 4 September 2021 - 4 Desember 2021
  • Shortlist naskah: 5-12 Desember 2021
  • Penilaian juri: 13 Desember 2021 - 3 Januari 2022
  • Pengumuman pemenang: 5 Januari 2022

https://widyasty.com


HADIAH KOMPETISI 500 JUTA DARI KWIKKU

Emang bener ya, hadiahnya segitu banyaknya? Yaaaappp, percaya gak percaya, tapi beneran! Hadiah total 500 juta akan dibagikan untuk pemenang kategori novel, webtoon, dan desain cover. Gak cuma sampai situ aja, juara 1-3 kategori novel dan webtoon juga akan berkesempatan dibuat filmnya, lho. Wah, beneran deh, kesempatan emas banget buat menunjukkan bakat dan mulai berlari menuju cita-cita.

Untuk kategori novel dan webtoon, juara 1 mendapatkan hadiah masing-masing Rp100,000,000. Juara 2 mendapatkan Rp50,000,000. Kemudian juara 3 mendapatkan Rp25,000,000. Penulis dan komikus favorit juga akan mendapatkan hadiah masing-masing Rp5,000,000.

Untuk kategori desain cover, juara 1 mendapatkan hadiah Rp50,000,000. Juara 2 mendapatkan Rp30,000,000. Lalu juara 3 mendapatkan Rp20,000,000.

Kurang menarik apa lagi kompetisi dari Kwikku ini, coba? Hadiahnya benar-benar mencerminkan bahwa Kwikku sangat menghargai proses karya yang telah dibuat dan di-submit ke website, sehingga karya terbaik mendapatkan nilai dan hasil yang sangat membanggakan, bahkan dibuatkan film juga. Tentu saja, jika sudah menjadi pemenang, gak selesai sampai di situ. Konsisten untuk tetap menulis dan membuat karya terbaik sangat dibutuhkan. Jadi, semua kerja keras akan terbayar dengan hasil yang juga memuaskan.

Gimana? Udah mulai tertarik untuk ikutan juga? Coba sekarang mulai cek lagi draft tulisan yang pernah kamu buat dulu, siapa tahu ada yang bisa digunakan untuk disetorkan ke Kompetisi 500 Juta Kwikku. Jangan lupa untuk di-edit dan perbaiki dulu sematang mungkin sebelum submit, ya! Semangat, yuk. Kamu #PastiBisaBerkarya bersama Kwikku!

Untuk info lebih lengkap, silakan kunjungi Instagram @kwikku atau website Kwikku. Untuk membaca daftar tanya jawab umum mengenai kompetisi ini, silakan kunjungi halaman ini.

Nah, sekarang, mari kita halu bareng.
Kalau kamu bisa menangin ratusan juta rupiah dari Kwikku, apa yang mau kamu lakukan?
Beli rumah? Bisa. Beli mobil? Bisa. Traveling? Ide baguusss. Borong buku bacaan di toko buku? Boleh banget! Hmm... apa lagi, ya? Yuk coba share di komentar! 😉

You Might Also Like

15 comments

  1. Ngiler banget liat hadiahnya nyampe total 500 jt. Jadi pengin cari tahu karya pemenang sebelumnya. Udah diterbitin belum ya kak? :D

    ReplyDelete
  2. Jujur, aku belum berani untuk ikut lomba-lomba semacam ini. Karena tulisan-tulisanku masih sangat personal. Tapi setelah baca penjelasan dari artikel ini saya mulai berpikir ulang buat nyoba dulu. Pertama karena hadiah uangnya yang gede banget, kedua buat jadi pengalaman meskipun nanti gagal hehe. Makasih rekomendasi lombanya Kak..

    ReplyDelete
  3. Hadiahnya uwow banget. Yang biasa nuls di KBM aplikasi atau Joylada dan mungkin juga wattpad bisa segera ikutan juga lomba ini ya. Hadiahnya meyakinkan banget kalau jadi penulis pun jika memang cukup menghasilkan. Penulis gak lagi dipandang sebelah mata

    ReplyDelete
  4. Wow jumlah hadiahnya besar banget. Kategorinya juga bervariasi. Apa ada batasan umur ya? Maklum udah kepala 3 ke atas hihi

    ReplyDelete
  5. Wow..500 jetiii.. Asli bikin ngiler sih ini! Tapi..berani ikutan gak yaa? hihi.. Sampai Desember ya.. wah tinggal 2 bln lagi, musti buru2 nih klo mau ikutan. thx infonya ya..

    ReplyDelete
  6. Wah liat jurinya udah minder duluan. Dari dulu pengen bikin novel eh tulisan di wattpad aja ngga dilanjutin. Btw makasi infonya kak. Bisa buat temenku yg baru rilis novel nih siapa tau dia berminat ikutan

    ReplyDelete
  7. Jadi inget saya juga punya cita-cita bisa nerbitin novel, tapi karena hilang motivasi jadi ga tau kapan beres naskahnya, jadinya lupa. Ngubek draf dulu deh. Saya juga suka Dee, sama Agustinus Wibowo.

    ReplyDelete
  8. Ngga main main hadiahnya, juara 1 Webtoon sampai 100juta. Ini benar benar bersaing ketat ya, yg submit aja sampai 7ribuan. Belum pernah coba lomba seperti ini, tapi penasaran juga mau coba ikutan . Makasih kak infonya

    ReplyDelete
  9. Woow, hadiahnya ngga main main ya sampai 500 juta. Dan yg submit banyak banget.Aku blm pernah ikutan lomba seperti ini. Masih belum PD meski dulu sekolah suka kirim cerita

    ReplyDelete
  10. Dari dulu pingin bikin novel tapi kebayangnya tentang betapa stucknya di tengah jalan saat nulis wkwk kalah sebelum perang. Anyway, kalau dapet ratusan jeti aku mau travelling aja menikmati hidup bersama orang2 kesayangan hahahaha aamiin plg serius.

    ReplyDelete
  11. MasyaAllah hadiahnya itu loh luar biasa Mba. Semoga bisa ikutan berpartisipasi aamiin

    ReplyDelete
  12. Wow, hadiahnya lhooo 500 juta. Mauu banget. Kudu nulis dan semangat nulis lagi nih. Saya juga sudah lama pengen nulis novel, tapi masih nggantung terus ceritanya. Huhuhu menyedihkan daah..

    ReplyDelete
  13. Kwikku memang keren banget ya. Dulu pas kompetisi pertama sempet ikutan tapi nggak berhasil merampungkan naskah. Huhu... Jadi emak-emak memang nggak bisa fokus nulis novel, soalnya nulis fiksi apalagi novel itu butuh ketelitian, banyak waktu, dan energi yang besar. Jadinya sekarang fokus ke blog dulu aja. Hehe

    ReplyDelete
  14. Huaa aku ngiler. Aku punya novel tapi masih setengah jalan. Nyandak ga ya kalau harus menyelesaikan? Aq juga punya ide novel lainnya tapi masih nol kata, lebih susah lagi bakalan

    ReplyDelete
  15. andai aku punya kerangka cerita untuk dikembangkan. aku pernah menulis cerpen di diary, tapi kalau dibaca lagi kok ya ceritanya aneh banget wkwkwkwk. mungkin bakatku ga ke nulis.

    ReplyDelete

Thank you for meeting me here! Hope you'll be back soon and let's connect each other 😉