PARENT LIFE | All About Pumping

11/09/2018 08:01:00 am

Konten [Tampil]
Udah tahu kan kalau rumus ASI itu supply & demand? Jadi, semakin tinggi kebutuhan bayi akan ASI, maka semakin banyak juga tubuh kita menerima signal untuk produksi ASI. Jangan takut ASI-nya gak cukup untuk anak, karena kunci utama mengASIhi adalah percaya pada diri sendiri dan penuhi asupan lengkap!

Jauh sebelum Biandra lahir, setiap malam kerjaan saya ya bacain artikel tentang ASI, pumping, cari rekomendasi breast pump, cari ASI booster, cara menyimpan ASIP, dll dll sampai akhirnya khatam bangettt. Eh tapiii semua itu gak bikin saya jadi lancar jaya kasih ASI ke Biandra. Hmm, namanya jadi Ibu, apalagi anak pertama, pasti adaaaa aja kan problem-nya. Tapi semoga gak mengurangi niat untuk memenuhi kebutuhan ASI si bayi loh ya. Ingat, ASI itu hak anak hingga umur dua tahun. Selagi mampu, ya jangan pikir banyak lah untuk kasih :)

Nah, saya punya beberapa tips untuk Ibu baru atau calon Ibu yang (pikirannya) sedang berkelana dalam memenuhi ASI untuk si bayi. Baik untuk working mom dan untuk fulltime mom juga.


🍼 Kasih sugesti sejak hamil bahwa SAYA PASTI BISA KASIH ASI UNTUK ANAK.
Semua Ibu pasti bisa kasih ASI karena ya hormon ASI kita akan bekerja setelah si bayi lahir, bahkan ada juga yang ASI-nya udah ngerembes pas lagi hamil. Enak ya kayaknya si dedek keluar bisa langsung minum glek glek sampe kenyaaangg. Walaupun ada beberapa indikasi Ibu yang gak bisa memberikan ASI, itu beda hal ya. Tapi setidaknya, kalau kita sudah punya sugesti positif sejak hamil, kita pasti akan jaga tubuh, kesehatan, dan pola makan supaya badan bisa fit dan ASI yang keluar nanti berkualitas.

🍼 Makan makanan yang bisa nge-boost ASI
Misal: kacang-kacangan, sayur bening, daun bangun-bangun (banyak loh yang jual jusnya sebagai ASI booster), dll dll. Asupan ini bukan cuma untuk nge-boost tapi juga meningkatkan kualitas ASI, jadi si dedek juga bisa dapat asupan bergizi dari Ibunya. Tambah vitamin juga boleh, tapi konsul dulu ke DSA ya kalau ragu atau takut ada pengaruh ke bayi.

🍼 RAJIN PUMPING
Apalagi buat working mom, adalah sebuah PR banget kalau kita WAJIB PUMPING setidaknya 2-3 jam sekali. Yaaa, mau gak mau jadi harus kebut-kebutan sama deadline kerjaan dan jadi gak bisa ke mana-mana karena kepikiran harus pumping mulu. Lagipula, awal-awal masa menyusui tuh rasanya payudara kencennggg terus deh kayak minta dipompa terus karena permintaan ASI memang sangat tinggi. Bayi baru lahir kan memang butuh minum ASI tiap 2 jam sekali juga. Nah sepengalaman saya, paling lama saya nunda pumping karena meeting atau banyak kerjaan tuh 4 jam loh, gak pernah lebih dari itu karena akan banjirrr dan membasahi baju serta hijab saya huahahaha. Tentengannya pun jadi banyak karena musti bawa cooler bag yang isinya ice gel, ASIP, plus breast pump.

🍼 Disenengin suami
NAHHH! Yang ini nih yang paling enak hahahaha. Jangan sampe busui stres, lelah, sedih, atau dibikin pusing karena bakal ngaruh ke produksi ASI loh. Saya pernah pumping sambil bete tuh cuma dapet gak sampe 50ml padahal biasanya bisa 200ml. EMPAT KALI LIPAT DECREASED-NYAAA LOHH. Kan lumayan bangettt :( Jadi, bilang sama para suami kalau istrinya harus dibikin seneng terus, minimal jangan dibikin bete deh hihihi. Pernah ya saya tiba-tiba dianter sama suami naik motor sampe kantor yang biasanya cuma sampai halte busway aja, senengnyaaa minta ampun. Sampai kantor langsung pumping dan dapet banyak bangetttt, padahal sepele yah tapi ternyata ada hasil yang menyenangkannnnn hahaha.

APALAGI YAAA...

Oiya, tapi mood senengnya jangan cuma bergantung sama suami ya. Kadang mereka juga banyak pikiran, kerjaan, capek, jadi ada baiknya kita jaga mood kita sendiri supaya bisa baik terus. Pumping sambil liatin video lucu anak kek, ngemil makanan kesukaan kek, buka-buka Pinterest kek, atau becanda sama temen kantor kan juga bisa bikin seneng. Tapi inget, jangan bandingin sama hasil pumping ibu-ibu lain yang posting foto ASIP di Instagram dll. Itu bikin stresssss! Pasti kita ngerasa kok gak bisa sebanyak dia sih, kok bisa sekulkas penuh sih, kok aku sehari cuma sekian botol sih, kok dia punya kulkas khusus ASI sih aku juga harus punya tapi lagi bokek. Sista, semua ada jalan keluar dan jangan menyamaratakan apa yang orang lain kasih liat yaa. Ibu itu bisa sekulkas penuh tuh pasti ada perjuangannya di balik itu bisa sampai simpen ASI sebanyak itu, bisa puting lecet lah, bangun tidur malem tiap dua jam sekali lah, atau emang dia ngejar setoran karena anaknya bingung puting dan cuma mau pakai dot. Who knows??

🍼 Ketinggalan tapi gak kalah penting: JANGAN BURU-BURU KASIH SUFOR
Banyak ibu-ibu yang ASI-nya gak langsung keluar setelah melahirkan, terus panik karena anaknya nangis terus dan akhirnya kasih sufor. Padahal kolostrum ibu justru yang paling baik untuk si bayi. Dan sudah tahu juga kan bahwa bayi masih menyimpan cadangan makanan dari plasenta sampai 72 jam setelah kelahiran? Nah, Ibu bisa tetap berusaha selama tiga hari itu untuk bisa kasih ASI pertama Ibu berupa kolostrum. Tapi konsul sama Dokter juga ya apakah anaknya kuning atau butuh treatment khusus, atau ada indikasi medis lainnya, semua DISESUAIKAN dengan kondisi masing-masing. Jadi jangan sampai ngerasa gagal jadi ibu cuma karena ASI-nya gak keluar abis lahiran. Saya baru bisa kasih ASI ke Biandra di hari ke-4 loh pas udah pulang ke rumah. Untungnya gak kuning dan gak perlu disinar jadi bisa ikut pulang, tapi di rumah memang agak kuning sedikit dan super rewel sampe stres tapi saya pancing sampai banjir keringet yang penting ASI bisa keluar. Akhirnya nyusu lah Biandra pertama kali di hari ke-4 sambil dijemur terus supaya gak kuning lagi. Seminggu setelah lahir kita kontrol, masih agak kuning tapi kondisi masih baik-baik aja dan ASI saya alhamdulillah lancar setelah itu.

🍼 Untuk working mom memang diwajibkan pumping untuk stok ASIP, tapi fulltime mom yang di rumah juga kalau bisa pumping loh.

Semisal harus mandi, cuci baju, atau ke pasar sebentar kan bisa titip anak sama orang rumah dan kalau aus ya tinggal kasih ASIP. Atau ya sesimpel biar payudara gak kenceng dan kepenuhan aja sih, karena bayi memang menyusu tiap dua jam sekali tapi lambungnya masih kecil jadi susu yang diminum pun gak banyak tapi produksi ASI di payudara kita tetap bekerja, kalau dibiarin penuh terus sampai rasanya kencenggg bgt, bakal meriang loh terus berujung MASTITIS (silakan googling ya). Selama tiga bulan pertama, saya meriang tiga kali. Obatnya cuma satu: kosongin payudara alias ya mau gak mau dinenenin aja hahahaha. walaupun rasa perihnya gak bisa dibayangin lagi, tapi itulah obat satu-satunya.

🍼 Gimana cara menyimpan ASIP?
Gampang banget. Beli plastik ASI atau botol kaca kecil untuk simpan ASI. Tiap abis pumping, masukin ke dalam kulkas (jangan lupa dicatat tanggal dan jam pumping), 10 menit sebelum dikasih, boleh dikeluarkan dari kulkas dan masukin ke dalam bottle warmer, atau rendam aja di air anget (jangan sampai suhunya lebih dari 40° C ya). Makanya penting untuk perhatiin kapan aja si bayi kira-kira bakal lapar. Biandra sering banget kelaparan sebelum ASIP diangetin akhirnya nangis teriak-teriak dan ASIP masih dingin tetep kasih aja udah karena udah gak sabaran. Alhasil anaknya doyan minum dingin sampe umur setahunan ini wkwk.

🍼 PUMPING HACKS!
Untuk working mom yang takut ribet karena tiap 2 jam harus pumping, saya punya salah satu tips menyenangkan untuk menghemat waktu dan keribetan huehehehe. Jadi tiap ngantor pasti bawa cooler bag dan ice gel untuk dinginin ASIP kan? Nah, abis pumping, supaya gak ribet, kalian gak perlu langsung cuci botol dan alat pumping-nya karena kan pasti repot yah harus ada sabunnya lah, belum lagi musti steril (di mana?). Jadi, alat breastpump itu BISA GAK DICUCI, asal abis dipakai langsung masukin cooler bag yang dingin, ATAU siram dengan air dingin dari kulkas, terus langsung masukin aja ke kulkas. Nanti cuci alatnya pas udah sampai rumah aja di malam hari. Kalau di rumah, tiap selesai pumping ya langsung masukin aja botol dan alat pumping-nya ke dalam kulkas untuk dipakai lagi nanti. TAPI, batasnya hanya sampai maksimal 24 jam ya, habis itu cuci bersih dan steril. Jadi meminimalisir keribetan kita kaaan? Mau tahu info lengkap tentang ini? Coba baca di sini.

(coming soon!) Baca postingan saya tentang manajemen ASIP ya untuk lebih lengkapnya.

(coming soon!) Baca postingan saya tentang review breastpump yang saya gunakan.

Wah, apa lagi ya? Kayaknya udah banyak banget tapi masih banyak yang kurang (dan mungkin lupa, hehe). Sekiranya ada tambahan, boleh tulis di kolom komentar loh ya :)

You Might Also Like

0 comments

Thank you for meeting me here! Hope you'll be back soon and let's connect each other 😉