2 Produk Eksfoliasi Kulit Tubuh Terbaik dari Scarlett Whitening

Hayoo jujur, siapa yang jaraaang banget eksfoliasi kulit tubuh? Jangan salah, yang perlu dieksfoliasi tuh bukan cuma kulit wajah aja, karena kulit tubuh justru lebih perlu dan wajib. Area kulit tubuh itukan sangat luas, dan lebih rentan kusam karena banyak lipatan dan yang tersembunyi, lebih banyak terkena debu dan keringat saat beraktivitas. Jadi, jangan lupa kasih perhatian juga ya, teman-teman.

Secara teori, saya pernah baca bahwa proses regenerasi kulit sebenarnya terjadi setiap 30-45 hari sekali. Pada saat itu, sel kulit mati akan mengelupas dengan sendirinya, dan berganti dengan sel-sel kulit yang baru. Tapi, bukan berarti kita jadi abai dan membiarkannya begitu saja, karena kadang kulit tetap butuh eksfoliasi agar daki dan kotoran yang masih menempel di kulit bisa hilang dan kulit menjadi lebih bersih dan cerah. Biasanya, sel kulit mati yang tidak dibersihkan akan membuat kulit menjadi kusam dan kering.

https://widyasty.com


JENIS EKSFOLIASI KULIT

Secara proses, eksfoliasi kulit bisa dilakukan dengan dua cara; physical exfoliate dan chemical exfoliate. Bedanya, physical exfoliate dilakukan dengan cara menggosokkan kulit dengan alat, misalnya sponge, brush, atau glove. Bisa juga dengan produk body scrub,  yang teksturnya dibuat agak kasar agar bisa menggosok dan membantu pengelupasan sel kulit mati tanpa menggunakan alat lagi. Sedangkan chemical exfoliate adalah eksfoliasi dengan menggunakan produk kimiawi yang biasanya mengandung bahan AHA, BHA, atau PHA.

Saya yakiiinn banget kalau teman-teman udah banyak yang aware dengan jenis eksfoliasi tersebut. Tapi, bila ada yang baru mau mulai memelihara kesehatan kulit dan belum tahu banyak tentang informasi ini, semoga ulasan saya kali ini bisa membantu yaa.

TIPS AMAN EKSFOLIASI KULIT TUBUH

Berdasarkan artikel yang dilansir dari American Academy of Dermatology Association, ada lima tips yang dapat dilakukan agar proses eksfoliasi kulit tubuh aman dan tidak menyebabkan iritasi:

  1. Kenali produk yang ingin digunakan. Beberapa produk mungkin mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kulit semakin iritasi, kering, atau bahkan menyebabkan breakout/jerawatan. Ada beberapa bahan yang tidak boleh digunakan secara bersamaan, sehingga kita harus paham sebelum memilih menggunakan produk tersebut.
  2. Sesuaikan produk eksfoliasi dengan jenis kulit. Setelah paham tentang kandungan dan bahan dalam produk eksfoliasi, cari tahu juga apakah bahan tersebut aman digunakan di jenis kulitmu; kulit normal, kering, atau sensitif. Bila kulitmu sensitif, mungkin akan lebih aman jika menggunakan produk eksfoliasi yang sangat mild, dan tidak digunakan terlalu sering.
  3. Gunakan produk dengan lembut. Menggosokkan kulit dengan scrub atau sponge terlalu kasar mungkin akan membuat kulitmu iritasi. Sebaiknya gunakan dengan gerakan memutar selama 30 detik, lalu bilas dengan air dingin atau suam kuku. Jangan lakukan eksfoliasi pada kulit yang terluka atau terkena sunburn.
  4. Gunakan pelembap/lotion. Agar kulit terhidrasi dengan baik setelah eksfoliasi, wajib gunakan lotion setelahnya.
  5. Lakukan secara teratur. Eksfoliasi memang dibutuhkan, tapi tidak untuk dilakukan setiap hari. Umumnya, bisa dilakukan 2 kali seminggu, atau sesuaikan dengan jenis kulitmu.

REKOMENDASI PRODUK SCRUB TERBAIK

Setahun terakhir ini, saya mulai aware dengan kesehatan kulit tubuh karena jenis kulit saya termasuk kering. Beberapa area malah terlihat kusam dan lebih gelap, itu lumayan membuat saya agak kurang percaya diri. Jadi, saya mulai mencari produk scrub untuk eksfoliasi kulit tubuh, lalu cocok banget pakai produknya Scarlett Whitening!

Jujur, saya suka banget kegiatan mandi, karena setelah mandi saya merasa refresh. Makanya saya suka banget sama bodycare yang wanginya strong, supaya mood saya selalu bagus tiap mencium aroma tubuh yang wangi setiap habis mandi. Nah, ternyata saya cocok banget sama wanginya beberapa varian bodycare Scarlett. Jadi sampai sekarang saya pakai terus deh body scrub dan shower scrub-nya.


https://widyasty.com
Daki dan kotoran di lipatan tangan setelah pakai body scrub Scarlett terlihat lebih bersih dan cerah


Sebulan terakhir kemarin, saya lagi pakai terus varian Charming. Wanginya lumayan strong tapiii tetep enak banget keciumnya, udah gitu awet banget wanginya nempel di kulit. Mau tahu gak apa aja produk yang saya pakai? Baca sampai habis yaa!

BODY SCRUB CHARMING
Sebelumnya, saya udah pernah cobain varian Romansa dan Happy, kali ini gantian mau cobain varian Charming. Dari semuanya, ada satu hal yang sama: wanginya awetttt lamaaa. Sehabis pakai body scrub ini, kulit langsung berasa halusss banget. Scrub-nya gak terlalu kasar saat digosok ke kulit dan gak bikin iritasi. Dipakainya cukup 1-2 kali seminggu aja.

https://widyasty.com

Klaimnya dapat menjaga kelembapan dan kehalusan, meratakan warna kulit, dan menjaga elastisitas kulit. Nah, klaim melembapkan dan menghaluskan ini bisa saya rasakan banget setelah pakai. Tapi, karena baru saya pakai beberapa kali dalam sebulan ini, saya belum merasa warna kulit saya merata. Mungkin butuh waktu lebih lama lagi dan digunakan secara teratur juga yaa.

Minusnya cuma satu sih, agak susah dibilas. Jadi emang musti berkali-kali dulu sampai scrub-nya benar-benar bersih semua di kulit dan gak terasa licin lagi. Sisanya, overall saya cocok banget dan gak ada breakout atau tanda-tanda iritasi selama pakai body scrub Scarlett.

Setelah kulit bersih pakai body scrub, lanjut dengan pakai produk berikutnya...

SHOWER SCRUB CHARMING
Kesukaan saya nih, karena warnanya cantik banget, dan ada bulir warna-warni di dalamnya. Bentuk packaging-nya botol dengan tutup flip top. Meskipun namanya shower scrub, tapi teksturnya gak kasar di kulit. Makin wangi deh kamar mandi saya haha. Oiya, shower scrub ini fungsinya sebenarnya jadi kayak sabun mandi gitu sih, jadi bisa dipakai setiap hari dan aman di kulit.

https://widyasty.com
Cantik banget yaaaa warnanyaaa 💜

Untuk shower scrub varian Charming ini, beberapa bulan yang lalu sebenarnya saya udah pernah pakai, jadi kali ini pun saya pakai lagi karena cocok banget dan suka sama wanginya juga. Nah, makanya saya lengkapi sekalian daily skin routine dengan produk bodycare Charming lainnya seperti body scrub dan lotion-nya juga. Untuk kandungan dan manfaat klaimnya di kulit saya oke banget. Meskipun gak terlalu ngefek di mencerahkan, tapi yang paling berasa itu kulit saya makin halus dan gak kering.

https://widyasty.com

Minus dari produk-produk Scarlett ini sebenarnya hampir sama sih di saya, yaitu bentuk botolnya yang terlalu gendut dan gak bisa dibawa ke mana-mana. Ya, harus punya botol kecil lagi kalau mau dibawa traveling. Sebenarnya, untuk shower scrub, Scarlett udah keluarin versi botol mininya, lucuuu banget. Saya juga pernah cobain. Tapi, ternyata susah banget keluarin produknya. Dipencetnya pun agak keras, dan ada beberapa tutup yang gak klik, jadi takut bocor kalau dibawa pergi.

Jangan lupa gunakan produk pelembap setelah mandi pakai body scrub dan shower scrub-nya yaa. Untuk review bodycare varian Charming lainnya bisa dibaca di sini: Body Serum, Body Cream, dan Body Lotion Scarlett varian Charming.

CARA MEMBELI PRODUK BODYCARE SCARLETT WHITENING

Untuk menjaga keaslian produk, lebih baik beli di official store-nya Scarlett Whitening ya di Shopee atau Tokopedia. Kalau mau beli di toko reseller lain, bisa cek keaslian produk Scarlett Whitening dengan scan barcode yang ada di botolnya. Jangan lupa juga untuk cari tahu reputasi tokonya agar tidak tertipu produk yang palsu.

Harga semua produk Scarlett juga rata semuanya Rp75,000 bahkan bisa dapat lebih murah lagi kalau sedang ada promo. Selain itu, kamu juga bisa dapat banyak bonus kalau beli 3-5 produk sekaligus. Nah, mending sekalian borong kaaan biar lebih murah. Kalau cocok, bisa repurchase terus karena harganya murah, gak bikin dompet menangissss.

Sekiaaannn tips eksfoliasi kulit tubuh dari saya. Kalau punya tips lainnya boleh dong kasih tau di komen hehe. Jangan lupa share juga ya kalau tulisan ini membantu kamu. Sampai jumpa di review produk berikutnya! Hmm, cobain produk apa lagi ya kira-kira yang bagus?

Share:

0 comments

Thank you for meeting me here! Hope you will be back soon and let us connect each other 😉