Pregnancy Diary: Kamu Percaya Mitos, Nggak?

1/28/2018 08:24:00 pm

Konten [Tampil]
Banyaakkk banget omongan dari orangtua tentang mitos-mitos jaman dulu. Jangan begini lah, jangan begitu lah, nanti anaknya begini lah, nanti ibunya begitu lah. Percaya atau gak, ya itu balik lagi ke personal masing-masing. Sampai mana keyakinan kalian wahai calon orangtua. Biar bagaimana pun, si calon ibu tahu persis apa yang harus ia lakukan, semua demi kebaikannya. Kita yang ngerasa, kita yang tahu harus apa. Omongan orangtua tentang banyaknya mitos-mitos itu juga jangan sampai bikin kita jadi stres. Boleh didengerin, boleh diikutin, tapi misal gak percaya ya jangan tutup kuping banget juga. Orangtua kita kan tahunya yang terbaik ya kayak gitu, tapi itu pada jamannya. Jaman sekarang, banyakkk banget yang udah berubah. Termasuk saya, percaya jaman berubah, cara menghadapi hidup juga bisa berubah nyesuain keadaan. Lagi-lagi, kita yang tahu apa yang harus kita lakukan demi kebaikan keluarga kita. Begitu kan ya, Buk?


Salah satu kepercayaan orangtua jaman dulu yang berbeda dengan jaman sekarang adalah penggunaan bedong dan gurita pada bayi. Katanya, gurita digunakan untuk mencegah perut bayi besar, menghangatkan dan mengurangi kembung. Sedangkan bidan dan dokter anak justru melarang penggunaannya setelah bayi pulang dari rumah sakit. Jadi, kita mau ikuti saran yang mana? Semua balik lagi ke kepercayaan masing-masing, dan semua ini harus didiskusikan oleh seluruh anggota rumah supaya bisa kompak ngurus bayi. Nah, hal ini yang bikin saya sempet bingung saat mau membeli perlengkapan bayi. Butuh dibeli gak ya? Apalagi, di trimester kedua ini saya udah mulai siapin budget plus udah nulis-nulis di notes handphone, apa saja yang perlu saya beli. Nah, dari sini, muncul lagi nih mitos lainnya: emang boleh beli perlengkapan bayi sebelum umur kehamilan tujuh bulan? Nahloh!

Kalau saya kemarin memang sudah menghitung-hitung perkiraan dan baru bisa mulai belanja di bulan ketujuh kehamilan, tapi toh kalau memang ada rejeki kenapa gak beli dulu aja tanpa harus nunggu tujuh bulan? Daripada uangnya kepake untuk hal lain terus nanti pas udah tujuh bulan malah uangnya pas-pasan, jadi ketar-ketir kan. Mana sebentar lagi udah masuk due-date. Hehe, hehehe. Ini kan logika manusia pada wajarnya. Kalau mitos itu kan kepercayaan sama 'orang dulu' yang kadang suka gak sesuai sama logika parents jaman now. So, yang kayak gini-gini emang perlu dipertimbangkan juga sebelum pusing-pusing sama masalah besar lainnya. Yang penting, bumil jangan sampai stres. Jalanin aja semuanya seperti air mengalir, jangan terlalu maksain ikutin ini, itu, begini, begitu, eh malah bingung sendiri deh mana yang bener dan enggak. Tapi, yang saya pasti yakini, saran dari orang lain memang ada bagusnya, in the end tetap kita yang paling tahu apa yang terbaik untuk kita dan calon jabang bayi kesayangan. Semangat terus yah!

Next post akan aku share perlengkapan bayi apa aja yang harus disiapkan sebelum si dedek gemes lahir ke dunia ini...

You Might Also Like

0 comments

Thank you for meeting me here! Hope you'll be back soon and let's connect each other 😉