Advertorial: Peluang Besar untuk Creators Indonesia di Tahun 2022, Apa Itu?

Pada nyangka gak sih, ternyata jaman sekarang ada buanyaakkk banget karier baru yang jaman dulu tuh gak pernah kebayang ada. Waktu saya masih kerja di kantor advertising agency beberapa tahun lalu, saya lumayan kesulitan ngejelasin ke keluarga apa sebenarnya kerjaan saya sehari-hari, karena mereka belum tentu paham. Paling ngertinya akuntan, perbankan, atau mentok-mentok yaaa PNS aja lah yang dijamin sampai hari tua hahaha. Tapi yaaa, ternyata dunia dan teknologi berkembang terus. Jangan kaget kalau nanti anak kita yang gantian kerja di bidang yang kita sama sekali gak paham hehe. 

Tiba-tiba sekarang udah masuk era digital, mulai menggeser semua yang serba konvensional, bahkan iklan yang tadinya cuma kita lihat di tv, radio, majalah/koran, billboard, sekarang udah mulai muncul juga di media sosial, website, dan ke manapun kita berselancar di Internet, sudah pasti banget kita bakal ngeliat iklan. Makanya bisa ada tuh pekerjaan yang title-nya Social Media Specialist, ketika brand mulai berlomba punya platform media sosial yang paling aktif dan kreatif untuk menjangkau market-nya. Semua promo dilakukan di media sosial, gak lagi door to door dan offline kayak jaman dulu. 

Gak nyangka juga saya pernah terjun ke bidang itu, karena ternyata seru banget. Akhirnya saya bisa kenal dan kerjasama dengan banyak banget creators yang memanfaatkan media sebagai sumber penghasilan, contohnya di media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, Blog, dan media yang sekarang lagi populer banget, TikTok. Berbagai trend dan promosi berkembang cepat banget, sampai akhirnya bisa bikin sesuatu jadi viral. Media jadi kendaraan paling canggih untuk bisa mengantarkan berbagai informasi ke publik. 

https://widyasty.com

ERA EKONOMI KREATOR

Sudah bukan hal yang sulit lagi bagi kita mengetahui banyak informasi, edukasi, dan hiburan. Dahulu, tayangan tersebut hanya bisa dimiliki oleh media-media besar seperti TV atau radio, dan jutaan orang lainnya hanya sebagai audience. Sekarang, semua orang bisa memiliki tayangannya sendiri yang dapat dinikmati oleh orang banyak. Sebut saja beberapa orang yang aktif memiliki konten di YouTube, Instagram, TikTok, atau bahkan Blog (ehm... kayak saya gini, hehe), yang membagikan banyak konten ke publik entah untuk hiburan, informasi, atau bahkan promosi produk. Mereka semua, yang kita sebut content creator, adalah individu yang punya kebebasan dalam menayangkan sesuatu untuk orang lain.

https://widyasty.com


Ekonomi kreator pada akhirnya menjadi sangat cepat perkembangannya, kita bisa memilih niche mana yang sesuai dengan interest masing-masing, konten apa saja yang mau kita cari atau buat, dan juga bisa menggerakkan roda ekonomi. Apalagi sudah dua tahun ini kita diserang pandemi yang bahkan gak tahu masih berlangsung berapa tahun lagi. Konsumsi internet pun meningkat, konten yang beragam pun di media sosial mulai bisa kita lihat dan ikuti. Sebagian besar bisa menghasilkan pendapatan. Seems interesting, right? 


MENGAPA EKONOMI KREATOR BISA BOOMING?

Setelah saya mendengar beberapa kali tentang istilah ekonomi kreator (creator economy) ini, saya jadi tertarik cari tahu lebih banyak. Apa, mengapa, bagaimana bisa ekonomi kreator ini menjadi trend yang sangat booming hingga hari ini. Kenapa ya, kreator jadi hal yang sekarang paling diminati sama semua orang?

Dilansir dari sumber website Forbes, empat alasan mengapa ekonomi kreator menjadi booming adalah sebagai berikut: 
  1. Accessible: semua orang bisa menjadi kreator di mana saja, kapan saja, dan menggunakan alat apa saja. Mulai dengan kamera, laptop, dan kemampuan menggunakan media sosial, kamu bisa membuat konten apa saja dan menjadi influencer.
  2. The money is there: sekarang banyak banget platform yang bisa membuat kamu menghasilkan uang dari konten yang kamu buat, misalnya adsense dari video YouTube atau Blog. 
  3. Endless possibilities: banyak kesempatan yang bisa kamu dapatkan, misalnya kerjasama dengan brand, kolaborasi dengan perusahaan besar, atau bahkan punya bisnis pribadi dari passion yang dimiliki. 
  4. Expert in reaching audience: belajar dari trend yang ada, membuat para creator ini lebih paham cara mendapatkan perhatian audience, yang mana skill ini banyak dicari oleh brand. Para creator bisa melakukan kolaborasi untuk menjangkau lebih banyak audience, dan melakukan partnership dengan berbagai brand untuk keperluan promosi. 

PLATFORM UNTUK PARA KREATOR

Baru-baru ini, saya dengar kabar gembira buat seluruh kreator di Indonesia! Mau tahu juga gak? Simak dulu ya sampai selesai untuk tahu kejutannya.

Kamu semua pasti sudah kenal dengan IDN Media kan? Nah, perusahaan media yang berbasis teknologi dan platform konten ini sudah memiliki banyak unit bisnis sejak didirikan oleh Winston Utomo dan William Utomo pada tahun 2014 lalu, di antaranya ada IDN Times, Popbela, Popmama, dan masih banyak lagi. Di tahun 2017, IDN Media juga meluncurkan IDN Creator Network, yang menjadi platform kreator terdepan di Indonesia. IDN Creator Network sendiri sudah bekerjasama dengan lebih dari 10,000 creator dan 300 brand. Apa kamu salah satu creator yang pernah bekerjasama dengan IDN Creator Network?

https://widyasty.com
Winston Utomo dan William Utomo, pendiri IDN Media

Oiya, pada September 2021 lalu, IDN Media bekerjasama dengan Sundance Institute dan XRM Media menyelenggarakan Sundance Film Festival Asia 2021 lho. Baca artikelnya di sini: Menyambut Sundance Film Festival: Asia 2021, Apa Saja Rangkaian Acaranya?


PELUNCURAN ICE (INDONESIA CREATORS ECONOMY)

Di tahun 2022 ini, IDN Creator Network berevolusi menjadi Indonesia Creators Economy, dengan visi mendemokratisasi creators economy di Indonesia melalui teknologi dan menjadi platform terdepan yang menawarkan kolaborasi antara creators dan brand.

https://widyasty.com


ICE akan memiliki lima layanan, di antaranya: content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solution, dan brand & product development. Wah, jadi gak sabar deh mau lihat seberapa keren platform ini menjadi jembatan antara creators dan brand di Indonesia. Saya, dan kita semua, punya harapan banyak agar dapat terus berkreasi dan memiliki kesempatan unduk berkolaborasi dengan brand, dan juga menyediakan konten yang berkualitas.

https://widyasty.com
Team di balik ICE

Dengan tim yang berpengalaman, strategi pemasaran yang dirancang khusus, dan teknologi yang terdepan, ICE bisa menjadi tempat yang sangat tepat bagi para creator yang memiliki kreativitas tanpa batas. Platform ini pasti akan menjadi ruang terdepan dan terfavorit yang paling diminati oleh seluruh creators Indonesia. Buat yang penasaran mau intip website-nya, silakan langsung berkunjung aja ke https://www.ice.id.

Siap bergabung dengan ICE? Pantau terus update-nya sama-sama, yuk!

Share:

17 comments

  1. wahh ada platform baru, siap siap nih kalau boleh ikutan gabung juga.
    Semoga tahun ini juga bisa jadi berkah buat kita-kita para blogger ya Mba

    ReplyDelete
  2. platform baru kesempatan baru buat para kreator, semoga bisa menjadi ladang cuan untuk seluruh kreator termasuk blogger

    ReplyDelete
  3. Hehe iya idem merasakan kesulitan saat menjelaskan pekerjaan kita pada generasi sebelumnya.Bidang creative begini memang belum dimengerti banyak pihak benefitnya

    ReplyDelete
  4. Dengan adanya ICE ini, Peluang konten kreator jadi makin terbuka luas ya kak
    Harus dimanfaatkan dengan baik ya

    ReplyDelete
  5. Wah menarik nih.. para kreator konten jadi bisa makin ahli dalam bidang perkontenan yg digeluti dan makin dikenal orang lain juga

    ReplyDelete
  6. Bener banget, sekarang banyak pekerjaan baru yang tak pernah terbayangkan sebelumnya seperti jadi selebgram, youtuber dan seleb tiktok.

    Penasaran di masa mendatang, apa profesi baru yang akan muncul?

    Semoga ICE sebagai platform terbaru ini bisa membawa angin segar bagi para blogger ^^

    ReplyDelete
  7. Menarik, Jadi penasaran dengan platform baru yang mendukung kreator indonesia.

    ReplyDelete
  8. Wah penasaran apakah ICE ini akan sangat cocok bagi para blogger ga ya?

    ReplyDelete
  9. Memang IDN Media ini terus menerus menciptakan gebrakan baru untuk para kreator. Sempat tahu tetang ICE tapi belom kepoin lebih jauh.

    ReplyDelete
  10. IDN sering banget bikin eksperimen dan inovasi ya. Semoga makin keren platform kreator Indonesia ini, ngajak blogger juga kalau bisa hihi.

    ReplyDelete
  11. ahhhh ada kanal content creator baru niii dari IDN, emang ya sekarang perkembangannya cepet banget sat set sat set, meleng dikit udh ketinggalan, mesti cepet adaptasi dan ngikutin perkembangan baru dunia content creator termasuk economy creator juga nih

    ReplyDelete
  12. Semakin banyak platform yang mendukung konten kreator yaa, jadi semakin terbuka kesempatan untuk meraup pundi-pundi yang lebih banyak, hehehe

    ReplyDelete
  13. Semoga dgn peluncuran ICE ini makin menyejahterakan content creator Tanah Air. Soalnya bnyk bgt potensi di dalam negeri. Tp ya pendapatan mereka kyk blm maksimal gt sih. Contohnya adsense. Nilai klik adsense di Indonesia masih lbh kecil dibandingkan di luar negeri.

    Smg dgn ICE ini bs mengantisipasi itu smua ya. Tentu dgn beragam cara mendapatkan penghasilan yg bgs sesuai platformnya.

    ReplyDelete
  14. wah acara indonesia creators economy. Semoga para creators Indonesia bisa makin maju dan berkualitas kontennya

    ReplyDelete
  15. aku langsung kepoin web nya mba.. makasi yaa infonya :) jadi makin semangat buat konten :)

    ReplyDelete
  16. Paltform baru, kesempatan baru. Sama seperti menebar jala di banyak tempat. Di satu tempat belum dapat, bisa dapat dari tempat lainnya

    ReplyDelete
  17. Dulu nggak kebayang sama sekali saya akan berada di titik sekarang, ya kerja offline ya kerja online, semua memungkinkan terbukanya peluang dan bersinergi.

    Jadi ingin tau lebih banyak tentang ICE.

    ReplyDelete

Thank you for meeting me here! Hope you will be back soon and let us connect each other 😉