Advertorial: Pelatihan Online, Solusi Mengembangkan Skill di Tengah Pandemi

8/29/2021 01:54:00 pm

Konten [Tampil]
Sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam sebuah bisnis atau perusahaan, sehingga harus terus selalu melakukan perkembangan dari segi kualitas agar dapat terus bersaing. Pelatihan sumber daya manusia menjadi salah satu langkah yang sering dilakukan oleh berbagai perusahaan agar skill dan ilmu pengetahuan yang dimiliki terus memiliki kemajuan, apalagi zaman sekarang segala akses ilmu pengetahuan dapat sangat mudah didapatkan. Perkembangan teknologi pun sudah serba cepat. Bahkan ibu rumah tangga pun bisa memiliki bisnis rumahan dan meng-upgrade kualitas diri karena adanya banyak pesaing.

Kualitas SDM menjadi faktor utama yang sangat penting, agar bisnis dapat terus berjalan dan memenangkan persaingan antar industri. Contohnya adalah ibu rumah tangga bisa menjalankan bisnis makanan, aksesoris, atau fashion, meskipun semuanya dikerjakan di rumah, mencari waktu luang sendiri di sela-sela kesibukan mengurus anak. Hampir semua orang bisa memiliki bisnis tersebut, tapi yang mampu maju bersaing dan berhasil memenangkan pasar pasti adalah pemilik bisnis yang selalu mengutamakan kualitas sumber daya manusia di dalam bisnis tersebut. Meskipun begitu, untuk dapat menjalankan pelatihan-pelatihan SDM saat ini, salah satu kendala yang terjadi adalah karena keterbatasan penyelenggaraan selama pandemi Covid-19. Segala sesuatu menjadi sangat sulit dijalani.


Apa solusi bagi masalah ini?
Yap, pelatihan online! Dengan segala teknologi yang terus maju dan canggih, kita masih bisa melakukan beberapa kegiatan secara online, seperti contoh lainnya adalah bekerja dan sekolah anak. Pelatihan yang dilakukan secara online masih bisa dilakukan meskipun hanya melalui layar komputer dan dari jarak jauh. Ibu rumah tangga pun bisa memilih berbagai program yang ada supaya bisa mempelajari hal baru, misalnya belajar bahasa asing, menjahit, dan membuat prakarya lain. Kegiatan atau pelatihan online seperti ini bisa disebut juga Learning Management System (LMS).

Apa itu LMS?
Learning Management System adalah salah satu metode pelatihan digital sebagai alternatif pelatihan SDM yang biasanya dilakukan secara langsung dan tatap muka. Salah satu program yang menerapkan LMS sebagai kegiatan pembelajaran dan pelatihan karyawan/pemilik bisnis di Indonesia adalah Ruangkerja by Ruangguru. Ruangkerja memiliki fitur yang dapat menjawab persoalan pebisnis agar karyawannya bisa terus mengembangkan skill yang dibutuhkan industri. Dengan menggunakan teknologi mobile learning, pelatihan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika dibutuhkan.

https://www.ruangkerja.id/

Ruangkerja juga menggunakan sistem learning journey, sehingga karyawan tetap dapat belajar secara terstruktur dan sistematis, dapat melakukannya dengan mudah dan tidak ada bedanya dengan melakukan pelatihan secara langsung. Selain itu, ada juga fitur learning plan untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan untuk karyawannya, agar sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Aplikasi Ruangkerja pun dibuat se-simple mungkin agar siapa saja bisa mengakses dengan mudah dan nyaman selama proses pembelajaran. Jadi, jangan takut gaptek nih, teman-teman.

Hal lain yang menarik dari fitur Ruangkerja ini adalah kolaborasi. Jadi, Ruangkerja dapat membuat forum diskusi, agar sesama karyawan yang sedang melakukan pelatihan dapat berkolaborasi dengan karyawan lainnya, dapat bertanya langsung kepada ahlinya, sehingga tercipta komunikasi dua arah yang dapat membantu selama pelatihan. Jadi gak bosan nih karena cuma nyimak satu arah doang, kalau bingung bisa tanya ke yang lain juga deh. Wah, mantap!

https://www.ruangkerja.id/
Salah satu fitur diskusi dalam aplikasi Ruangkerja

Ada juga fitur leaderboard yang dapat menampilkan peringkat dan nilai selama pelatihan dilakukan. Persaingan ini dapat memacu peserta pelatihan agar bisa semangat belajar sebaik mungkin, sehingga pimpinannya dapat melihat potensi yang dimiliki karyawannya. Setelah pelatihan, seluruh peserta juga akan mendapatkan sertifikat. Jadi, jangan takut percuma meskipun pelatihan hanya dilakukan secara online.

LMS Ruangkerja adalah solusi bagi semua pebisnis/pengusaha, yang dapat membantu meng-upgrade skill sesuai kebutuhan industri, dan dapat bersaing secara maksimal. Peserta pelatihan pun dapat dengan mudah mengakses materi belajar dari mana saja, menggunakan gadget apa saja yang mereka miliki. Dan yang terpenting adalah, Ruangkerja telah dipercaya oleh berbagai perusahaan sebagai mitra pelatihan online, karena fiturnya yang lengkap dan mudah diakses, termasuk bagi para administrator agar dapat me-monitor proses pelatihan sejak awal. Pemimpin pun dapat menentukan bobot nilai atau poin bagi karyawannya yang dapat menyelesaikan pelatihan yang telah ditentukan. Everything is under control! 😅

Berapa sih, harga yang dibutuhkan untuk melakukan pelatihan tersebut?
Ets, tenang saja. Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, yang mana ini dapat menghemat anggaran perusahaan. Subscription model melalui Ruangkerja akan mampu menghemat milyaran rupiah dibandingkan dengan membangun sistem sendiri. Implementasinya pun hanya butuh dua minggu, lalu sudah bisa langsung go live! Data perusahaan dalam cloud juga dijamin aman karena Ruangkerja dilengkapi dengan SSL Security.

Nah, sekarang, udah gak pusing lagi kan karena urusan pelatihan SDM gini bisa dilakukan secara online selama pandemi belum berakhir, hasilnya pun gak berbeda sama pelatihan secara langsung, malah lebih fleksibel karena bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja. Perusahaan dan karyawannya pun dapat berkembang dan berinovasi demi kemajuan bisnis. LSM Ruangkeja adalah solusinya karena fiturnya yang lengkap dan memudahkan, menghemat biaya dan waktu, serta mempermudah monitoring selama pelatihan dilaksanakan.

You Might Also Like

0 comments

Thank you for meeting me here! Hope you'll be back soon and let's connect each other 😉