Books Review: Otto, The Penguin Who Wanted to Find Out

20:43

Judul: The Penguin Who Wanted to Find Out (dulunya berjudul Penguin's Progress)
Penulis: Jill Tomlinson
Illustrasi: Paul Howard
Tahun: 2004
Penerbit: Egmont Books Limited (www.egmont.co.uk)
Bahasa: English
Jumlah halaman: 79 hal.

Otto is a penguin chick.
He likes to play in the snow.
But first he'll teach the other chicks all they need to know.




______


Penguin adalah jenis burung yang tidak bisa terbang, namun bisa berenang. Habitatnya berada di Antartika. Penguin bisa hidup di sana karena memiliki bulu tebal yang dapat memberikan panas untuk tubuh saat musim paling dingin di Antartika. Penguin emperor atau penguin kaisar merupakan penguin yang terbesar karena tinggi tubuhnya bisa mencapai 1m dan beratnya bisa mencapai 35kg. Whaa, berarti tingginya hampir sama dengan manusia berumur kira-kira 5 tahun? Gembul pula, pasti gemas banget. Ciri khas penguin emperor yang sudah dewasa adalah lingkaran berwarna kuning yang ada di sekitar lehernya. Lalu, apakah penguin bisa merasakan kedinginan juga saat musim paling dingin terjadi di Antartika? Bagaimana penguin dapat bertahan hidup? Bagaimana penguin mempelajari cara bertahan hidup? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, kamu perlu baca buku Jill Tomlinson ini.

Melalui buku ini, Jill menceritakan bagaimana anak penguin bertahan hidup di Antartika mulai dari saat mereka menetas dari telur, hingga mereka siap untuk pergi berenang dan mencari makanan sendiri.

Anak penguin yang pertama menetas, Otto, memiliki tugas penting untuk menjaga anak-anak penguin lainnya selama penguin dewasa pergi mencari makan. Otto berusaha mencari tahu banyak hal tentang apapun yang penguin dewasa ketahui. Meskipun selalu dibilang bossy oleh beberapa anak penguin lainnya, Otto tetap harus menjaga sekelompok kawanannya, seperti pesan dari Claudius, penguin dewasa yang menjaganya sejak menetas. Claudius pergi meninggalkan Otto untuk mencari makan, tugasnya menjaga Otto digantikan oleh aunty Anna, yang juga bertugas memberinya makan, begitu seterusnya hingga Otto cukup dewasa untuk pergi sendiri mencari makanannya.



Sepanjang perjalanan hidupnya, Otto bersama Leo, anak penguin lainnya menemukan banyak pertanyaan yang harus terjawab. Mereka mencari jawabannya dari para penguin dewasa yang secara bergantian memberi mereka makan setiap hari. Dari sana, Otto tahu banyak hal dan membagi pengetahuan itu ke anak penguin lainnya yang ia jaga.

Jill menulis buku cerita yang mudah dipahami jika dibacakan untuk anak-anak. Ia menceritakan tentang kehidupan seekor hewan tanpa perlu konflik besar di dalamnya. Memang jadinya kurang greget, tapi ada sisi gemasnya yang tetap bisa bikin pembaca gak berhenti membaca sampai halaman terakhir! Seperti misalnya percakapan ini



Atau ini



Satu lagi




Dengan jumlah halaman yang kurang dari 100, saya jamin kamu bisa melahap habis buku ini dalam waktu kurang dari satu jam tanpa berhenti. Selain ini, buku Jill lainnya tentang kehidupan hewan sepertinya tak kalah menggemaskannya untuk dibaca. Karena ini kali pertama saya membaca karya Jill, sepertinya saya harus membaca buku lainnya lagi seperti tentang kucing, ayam, burung hantu, gorilla, dan lain-lain.



You Might Also Like

2 comments

  1. Covernya kok lucu sih...ini anak-anak banget yaa. Kayanya bakalan masuk wishlist deh.


    Bacaanipehdotwebdotid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, ini buku anak, Kak. Semacam Little Prince gituu, lucu deh. Hihi

      Delete

Thank you for meeting me here! Hope you'll be back soon and let's connect each other 😉